Edukasi

KKN TIM 2 Undip Latih Karang Taruna Desa Tepusen Membuat Pupuk Cair

28 Agustus 2018   18:21 Diperbarui: 28 Agustus 2018   18:22 203 0 0
KKN TIM 2 Undip Latih Karang Taruna Desa Tepusen Membuat Pupuk Cair
dok. pribadi

Desa Tepusen - KKN TIM 2 Undip  melatih Karang taruna  Dusun Jetis, Desa Tepusen, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung cara membuat pupuk kompas cair dari sisa-sisa sampah organik yang ada di lingkungannya, Minggu 4 Agustus 2018.

Koordinator KKN TIM 2 Undip Desa Tepusen, Ardhan Hilfiyanda mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bentuk sosialisasi kepada karang taruna dalam bidang pertanian guna memanfaatkan sampah organik yang banyak tersedia agar memiliki nilai guna bagi masyarakat. Melalui pelatihan ini, wawasan dan pengetahuan tentang pertanian organik serta manfaat dan keunggulannya makin dipahami bagi karang taruna . 

Dengan begitu karang taruna  mampu memproduksi pupuk dan pestisida organik secara mandiri serta memberika sosialisasi lebih lanjut kepada para petani di daerah setempat.  Jika sudah berhasil di sosialisasikan ke petani di daerah tersebut, diharapkan hasilnya ini nantinya dapat diterima oleh pasar, sehingga ketika suatu komoditi dapat dijual mampu memberi pendapatan pada ekonomi keluarga.

Pelatihan pembuatan pupuk kompos ini bertujuan meningkatkan kemandirian petani sehingga terhindar dari produk pupuk dan pestisida kimia. 

Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kompos cair ini berasal dari limbah rumah tangga  sisa-sisa makanan seperti kulit keladi, pisang, ampas kelapa, rumput-rumputan, batang pisang, daun, jerami, buah-buahan, daun pepaya, daun sirsak, dan lain sebagainya. Bahan ini tidak sulit didapatkan dan banyak ditemukan disekitar perkampungan dan perlandangan

Menurut Ardhan, penggunaan kompos cair mampu mempertahankan dan menjaga kesuburan lahan pertanian sehingga lahan dapat dipakai dalam jangka waktu lama.

Kepala Dusun Jetis, mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sebab bahan-bahan pupuk tersebut tersedia di tempatnya. Serta sampah - sampah daun