Mohon tunggu...
MAHARDHIKO
MAHARDHIKO Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengenal Lebih dalam Logo KAI

31 Mei 2016   18:47 Diperbarui: 31 Mei 2016   19:37 2740
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: http://www.bitebrands.co/2011/10/logo-pt-kereta-api-indonesia-sebuah.html

Logo merupakan lambang atau simbol yang merepresentasikan identitas suatu perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan lain sebagainya. Logo dapat berbentuk gambar/simbol/icon dan bisa juga diberi unsur tulisan berupa nama perusahaan tersebut. sebagai sebuah lambang, maka sudah seharusnya jika logo dibuat sesuai dengan ciri khas atau wajah perusahaan tersebut sehingga dapat dengan mudah dikenali oleh khalayak. Bukan hanya memiliki ciri khas saja, tapi logo juga harus memiliki keunikan yang menarik agar dapat menyampaikan citra positif perusahaan dimuka publik.

Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo.

Untuk mengetahui dan belajar lebih dalam mengenai logo, ada pentingnya kita dapat meninjau dan mempelajari logo-logo yang sudah ada, salah satunya seperti logo “PT. Kereta Api Indonesia” dimana perusahaan ini bergerak di bidang jasa transportasi umum berupa kereta api baik dalam maupun luar kota. Untuk perusahaan sebesar ini, apakah logo perusahaan PT.KAI sudah dapat menjadi lambang dan identitas perusahaan tersebut? mari kita kupas lebih dalam mulai dari melihat dan mengamati logo dengan seksama.

Ketika kita melihat logo di atas secara visual, maka terdapat tiga buah garis yang tersusun vertikal sejajar dengan melancip pada bagian ujung kiri setiap garis. Ketiga garis ini memiliki panjang yang berbeda-beda, dimulai dari garis paling atas yang paling pendek, yang tengah memiliki panjang yang sedang, yang paling bawah merupakan garis paling panjang. Dua garis pertama dari atas memiliki warna orange, sedangkan untuk garis paling bawah memiliki warna yang berbeda yaitu warna biru. Ketiga garis di atas memiliki jarak antara satu dengan yang lain, dan pada ruang kosong antara garis pertama dan kedua terdapat gestalt sebuah tanda panah mengarah kekanan. Jenis font yang dipakai untuk nama perusahaan adalah jenis font Arial.

Dari identifikasi di atas, selanjutnya dapat kita deskripsikan setiap unsur yang ada dalam logo tersebut dengan mengamati lebih dalam bagaimana unsur-unsur tersebut saling melengkapi sehingga menciptakan keharmonisan namun juga terdapat dominasi yang membuat logo menjadi lebih menarik untuk disajikan. Logo PT.KAI memiliki bentuk berupa garis yang sangat simpel namun ternyata dapat melambangkan efek kecepatan dari sebuah kereta api yang sedang melaju. 

Penempatan logo yang diletakan menjorok ke sebelah kanan membuat seolah-olah kereta api sedang melaju dari arah kiri ke kanan, apa lagi didukung oleh sebuah tanda panah ke arah kanan yang berupa gestalt seperti menekankan kembali arah yang ingin dituju. Biasanya sesuatu yang menuju ke arah kanan dapat kita imajinasikan menuju ke esok hari, menuju ke masa depan, melaju untuk pergi, atau menjadi lebih baik. Untuk mendukung logo, diberikan nama PT.KAI pada bagian bawah logo yang berguna sebagai caption pemberi informasi.

Setiap elemen atau unsur yang terdapat pada logo pastinya memiliki makna masing-masing. Unsur paling dasar dari logo ini adalah garis tebal vertikal yang memiliki makna stabilitas, kekuatan, atau kemegahan. Warna yang digunakan adalah warna orange dan biru dimana orange memiiliki arti atau filosofi yaitu menunjukan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, kesuksesan, keadilan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Warna biru memiliki makna filosofi memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik, memberi kesan dalam, tak kerhingga, kebijakan, perlindungan, inspirasi, tenang, panutan, tenang, kelembutan, dinamis, kreativitas,persahabatan, dan harmoni.

Sedangkan makna sebenarnya dari garis-garis tersebut adalah sebagai berikut:

3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.

2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.

1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun