Mohon tunggu...
Gaganawati Stegmann
Gaganawati Stegmann Mohon Tunggu... Telah Terbit: “Banyak Cara Menuju Jerman”

Ibu RT@Germany, a teacher@VHS, a dancer@www.youtube.com/user/Gaganawati1/videos, an author of "Banyak Cara Menuju Jerman", a Tripadvisor level 6, penerima 2 award dari dubes LBBP RI (Hongaria), Y.M. Wening Esthyprobo Fatandari,M.A tahun 2017, nominator Best in Citizen Journalism Kompasianival 2013, nominator Best in Citizen Journalism Kompasianival 2014, nominator Kompasianer of the year Kompasianival 2014.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak di Bawah 18 Tahun Susah Diatur?

15 Oktober 2020   03:45 Diperbarui: 22 Oktober 2020   02:52 831 16 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak di Bawah 18 Tahun Susah Diatur?
Ilustrasi hubungan kurang harmonis anak dengan orangtua| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Suatu hari, anak kedua saya ngglendot. Saya kira minta uang, rupanya minta disayang. Ia memeluk tubuh saya dan bercerita bahwa teman sekelasnya bernama M, gadis 14 tahun, diusir mamanya. 

Papanya sedang bertugas di luar kota. Jadi si kepala keluarga tidak dapat berbuat apa-apa. Ia dan teman-teman mengumpulkan barang-barang yang M butuhkan; sepatu, baju, kaos, celana, buku, dan lain-lain, sebagai "modal pertama" untuk hidup di luar rumah orangtuanya. 

Betapa tidak, ia diusir tanpa membawa barang apapun miliknya. Kabarnya, semua dibuang oleh si mama.

Ketika saya tanya sebabnya, katanya si anak berambut pirang itu pulang terlambat dari pesta. Padahal di Jerman semua aturan sangat jelas, jam berapa di umur berapa anak-anak boleh keluar rumah, pesta, dan di tempat umum. 

Jika tidak ada orang dewasa atau orangtua yang mendampingi, sebenarnya ia memang tidak boleh pesta sampai larut dan pulang malam-malam sendirian.

Hal itu terjadi tidak hanya sekali dan yang paling parah yang menyebabkan ia diusir adalah M menampar sang ibu. Bisa saja mereka bertengkar soal pulang terlambat lalu si anak kalap. 

Tentu saja mamanya berang. Mungkin M tidak seperti anak-anak Indonesia yang diajari bahwa surga ada di telapak kaki ibu. Mungkin ibunya kurang sabar. Saya tidak tahu. Saya hanya pernah sekali dua kali bertemu mereka dalam pertemuan di sekolah, jadi tidak begitu kenal.

Apa yang terjadi jika anak di bawah 18 tahun diusir dari rumah?

M masuk pengawasan Jugendamt atau departemen yang melindungi dan mengurusi anak-anak di bawah 18 tahun yang tidak lagi dirawat atau tidak boleh tinggal lagi bersama orang tuanya.

Di Jerman, anak yang sudah berumur 18 tahun berhak penuh atas dirinya atau disebut volljaehrige. Mau tinggal sendiri atau sama orangtua, mau pesta sampai besok pagi atau sampai seminggu, mau tidak pulang atau kembali ke rumah setelah sebulan, mau merokok atau minum alkohol. Bebasss terserah tapi tanggung jawab sendiri, ya, bukan orangtua lagi.

Pernah ada kisah seorang anak berumur 18 tahun diusir oleh bapaknya karena ia kedapatan menjual harga dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN