Mohon tunggu...
Gaferianto Hulu
Gaferianto Hulu Mohon Tunggu... Mahasiswa

Belajar Menulis Try, try and try

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mendidik Murid dengan Kasih

8 November 2019   23:03 Diperbarui: 8 November 2019   23:11 0 1 0 Mohon Tunggu...

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kasih adalah merupakan perasaan sayang atau cinta. Kasih itu lemah lembut, panjang sabar dan tidak suka meminta balas budi. Setiap orang dalam dirinya ada unsur kasih. Kasih yang kita miliki perlu kita tumbuhkan setiap hari. Kita jangan menjadi orang yang menutup jalan kasih kita sendiri. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Praktek kasih memang tidaklah mudah, namun kasih ini sangat diperlukan. tanpa kasih maka kita tidak bisa merasakan damai.

Kasih sangat diperlukan dalam segala aspek. Baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Terutama ketika kita sebagai pendidik kita setiap hari bertemu dengan berbagai macam murid, yang memiliki sikap dan watak yang berbeda-beda. Karakter atau watak yang dibawa ini sejak kecil terkadang juga membuat kita risau untuk menghadapi murid setiap hari. 

Untuk menghadapi hal ini, hanya ada satu jalan, yaitu melalui kasih. Kasihi mereka seperti anak sendiri, masuklah dalam penghidupan mereka, didik mereka bukan menurut apa yang kita lihat benar, tetapi menurut pertumbuhan mereka. Terkadang jika kita memaksakan kehendak kita, itu akan membuat mereka akan tidak nyaman. 

Anak didik itu butuh pendampingan yang lebih, karena pertumbuhan mereka akan menjadi lebih baik ketika kita menghargai keadaan mereka, menerima keadaan mereka. 

Jika ada saran untuk teman-teman, siapa pun yang membaca, bagaimana mendidik murid, boleh tulis di kolom komentar....

KONTEN MENARIK LAINNYA
x