Mohon tunggu...
Gadiel ImanuelSanto
Gadiel ImanuelSanto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hai

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pemimpin Wanita, Kenapa Tidak?

8 Agustus 2021   12:28 Diperbarui: 8 Agustus 2021   12:39 75 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemimpin Wanita, Kenapa Tidak?
Pemimpin Wanita. Sumber: https://www.grid.id/read/042532616/ini-kelebihan-perempuan-kalau-jadi-pemimpin-nomor-3-paling-penting?page=all

Perbedaan gender merupakan suatu hal yang dijadikan batasan dalam melakukan suatu hal. Namun, hal tersebut hanya berlaku di masa lalu. Pada jaman dulu, wanita selalu dianggap lebih rendah daripada lelaki. Tetapi, pada zaman yang semakin berkembang ini, banyak orang yang semakin sadar bahwa para wanita pun mempunyai potensi yang sama baiknya dengan para lelaki. Oleh karena itu,  seiring berjalannya waktu, semakin banyak wanita yang dipercaya dapat memimpin suatu kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuannya.

Kesetaraan gender yang sudah berlaku pada zaman sekarang ini membuka peluang bagi para wanita yang ada di dunia untuk semakin berkembang tanpa harus takut direndahkan. 

Sebuah studi mengatakan bahwa organisasi yang lebih banyak memiliki pemimpin wanita memiliki hasil keuangan sampai 65% lebih tinggi dibandingkan organisasi yang tidak mempunyai pemimpin wanita. 

Selain studi tersebut, jika kita lihat di kehidupan nyata, semakin banyak  bukti bahwa perusahaan yang memiliki pemimpin wanita mempunyai kinerja yang lebih baik daripada perusahaan yang wanitanya sedikit.

Wanita mampu memberikan hasil yang lebih positif kepada organisasinya karena memiliki hal yang pasti berbeda daripada lelaki. Menurut James Gabarino dari Cornell University, seorang wanita lebih mampu mengerti dan memberikan hal apa yang masyarakat butuhkan pada zaman sekarang ini. Hal tersebut seperti lebih butuh perhatian, berhubungan interpersonal, dan lain-lain. 

Penelitiannya itu didukung dengan fakta bahwa wanita biasanya akan lebih dinilai tinggi dan dihormati oleh para bawahannya dalam hal kepemimpinannya. Faktor-faktor pendukungnya adalah perilaku tugas, komunikasi, kemampuan untuk memotivasi orang lain yang diberikan dari pemimpin wanita tersebut.

Sumber: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3915842/pemimpin-wanita-yang-humoris-cenderung-dianggap-remeh-mengapa
Sumber: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3915842/pemimpin-wanita-yang-humoris-cenderung-dianggap-remeh-mengapa

Pemimpin wanita cenderung dinilai memiliki pengaruh yang lebih efektif,  karena cara memimpinnya lebih menekankan pada memberi motivasi, lebih memperhatikan individu, serta lebih banyak memberikan ilmu yang baik kepada para bawahannya. Dengan cara memimpin yang seperti itu, pemimpin wanita akan lebih fleksibel dan mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan apapun. 

Motivasi yang berasal dari seorang pemimpin akan lebih memiliki kekuatan untuk mempengaruhi seseorang secara emosional dalam melakukan pekerjaan lebih baik untuk mencapai tujuannya.  

Lalu dalam memperhatikan setiap bawahannya, berarti pemimpin tersebut akan memperlakukan adil setiap individu, mengakui, serta mendelegasikan tugas dengan baik agar setiap individu dapat berkembang.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan