Mohon tunggu...
Dimas Septian A
Dimas Septian A Mohon Tunggu... Hello

Student

Selanjutnya

Tutup

Media

Seperti Apa Pandangan Bradshaw mengenai Jurnalisme di Masa Depan?

22 Februari 2019   03:31 Diperbarui: 22 Februari 2019   11:22 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti Apa Pandangan Bradshaw mengenai Jurnalisme di Masa Depan?
sumber: https://comm.stanford.edu/

Kini kita hidup pada zaman dimana media-media konvensional sudah tergantikan dengan media online dan media modern lainnya yang memudahkan kita dalam menikmati berbagai konten jurnalistik. Begitu juga dengan jurnalisme itu sendiri, kini kita sedang dalam perjalanan menuju jurnalisme masa depan yang sudah mulai terlihat dan sudah dapat kita rasakan saat ini.

Namun bagaimanakah bayangan atau gambaran mengenai jurnalisme di masa depan? Paul Bradshaw memiliki beberapa pandangan serta konsep-konsep yang dapat membantu kita dalam menerka kira-kira bagaimana nantinya jurnalisme masa depan itu akan benar-benar menjadi sebuah tren baru dalam dunia jurnalistik.

Dimulai dari jurnalisme masa kini atau dengan sebutan lain yakni jurnalisme online, jurnalisme ini telah mengubah gaya konsumsi informasi masyarakat dunia dan Indonesia khususnya dalam hal membaca berita dan menggali informasi mengenai sebuah peristiwa yang terjadi di sekitar mereka maupun yang terjadi diluar sana.

Peralihan dari media konvensional menjadi media online dan modern juga merupakan sebuah penanda baru bagi dunia jurnalistik khususnya. Kini berita dapat disajikan secara real-time dan up to date tanpa harus menunggu hari berikutnya ketika ingin mengetahui update peristiwa tertentu. Semua kini dapat diakses secara mudah, cepat dan tepat sasaran.

Jurnalisme online ini merupakan sebuah terobosan yang revolusioner bagi dunia jurnalistik masa kini dan akan terus berkembang dan memberikan kejutan bagi kita di masa depan nantinya. 

Jurnalisme online sendiri terbagi menjadi beberapa jenis:

1. Mainstream News Site
Merupakam situs web yang menyajikan berita-berita editorial maupun berita-berita mainstream yang berasal dari induk media itu sendiri maupun yang memang sengaja membuat konten berita tersebut khusus untuk web. Komunikasi yang ada di dalam situs ini tergolong minim dan terbatas sehingga para pembaca  dibatasi pemberian feedback nya oleh penyedia situs itu sendiri.

2. Index and Categories Site
Merupakan situs web yang didalamnya terdapat jurnalis online yang menyediakan berbagai tautan yang lebih mendalam terhadap berita-berita yang dibuat oleh situs-situs berita di dunia.

3. Meta and Comment Site
Sebuah situs web yang berisikan berbagai macam isu dan media berita secara umum. Namun juga bisa disebut sebagai situs indeks yang lebih diperluas lagi cakupannya dan konten-kontennya.

4. Share and Discussion Site
Situs yang memfasilitasi para pembaca untuk ikut mendiskusikan mengenai suatu peristiwa atau apapun yang terjadi di internet.

Berlanjut pada jurnalistik masa depan, Paul Bradshaw memaparkan tiga indikator utama:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x