Mohon tunggu...
Gabrielle Treisyela Dini
Gabrielle Treisyela Dini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Program Studi Ilmu Komunikasi

hai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Scarlett Whitening Sukses Menjadikan Akun Instagramnya Sebagai Wadah Pemasaran

1 Desember 2021   01:43 Diperbarui: 1 Desember 2021   01:45 2649
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Scarlett berhasil menjangkau banyak konsumen dlihat dari jumlah followers Instagram, isi kolom komentar yang positif, mampu menggandeng brand ambassador terkenal dan lain-lain, hal ini juga menunjukan jika media sosial Instagram efektif dalam melakukan pemasaran. Hanya saja, seharusnya dalam kolom komentar admin Instagram Scarlett setidaknya merespon satu hingga dua orang sebagai bentuk menghargai mereka yang tertarik pada Scarlett.

Media sosial merupakan media online untuk beriteraksi sosial. Beberapa jenis media sosial yang populer seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan Youtube. Media sosial selain digunakan untuk berinteraksi sosial, digunakan juga untuk melakukan kegiatan marketing. 

Banyak pembisnis mulai dari yang lokal hingga internasional menggunakan media sosial untuk memasarkan produk mereka. Media sosial sendiri sangat efektif dalam meningkatkan koversi penjualan suatu produk. Dilansir dari Kompas.com, menurut "Digital Around The World 2019" masyarakat Indonesia sebanyak 150 juta dari 268 juta penduduk, menggunakan media sosial dan menghabiskan waktu 3 jam 26 menit setiap harinya dalam mengakses media sosial. Sehingga ini menjadi salah satu alasan banyak pembisnis menggunakan media sosial karena memiliki peluang besar untuk menjangkau banyak konsumen.

Instagram

Salah satu media sosial yang paling sering digunakan untuk marketing adalah Instagram. Instagram merupakan platform untuk berbagi foto dan video. Instagram memiliki fitur-fitur yang cukup banyak seperti Instagram Story, IGTV, reels, filter dan lainnya. Banyaknya fitur-fitur yang disediakan Instagram, maka tidak heran jika banyak pembisnis yang menggunakan media sosial tersebut.

Brand Scarlett

Pembisnis Indonesia yang menggunakan Instagram untuk memasarkan produknya adalah Felicya Angelista dengan brand Scarlett. Scarlett merupakan rangkaian produk yang digunakan untuk merawat tubuh dan tentunya sudah memiliki izin dari BPOM. Produk-produk dari Scarlett dapat dilihat pada akun Instagramnya dengan username @scarlett_whitening.

Followers dan Isi Biodata

Saat pertama kali membuka halaman akun @scarlett_whitening, anda akan melihat jumlah followers sebanyak 5 juta orang. Dari jumlah pengikut ini membuktikan bahwa Scarlett sukses dalam mengjangkau banyak konsumen.

Pada bagian informasi di biodata akun @scarlett_whitening, banyak berisikan informasi mengenai kontak-kontak yang dapat dihubungi seperti nomer WhatsApp dan Line, marketplace Shopee yang digunakan untuk menjangkau konsumen dari berbagai daerah dan tersedia juga Linktree. Penempatan informasi pada bagian biodata untuk mempermudah konsumen Scarlett, karena seperti yang diketahui konsumen Scarlett tersebar dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga dengan adanya informasi tersebut konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi untuk mencari tahu dan membeli produk Scarlett.

Konsep Feed dan Highlight

Konsep feed Instagram yang Scarlett tunjukan sangat girly dan colorful, dimana dominan warna-warna digunakan seperti warna pink, ungu, kuning, dan warna-warna cerah lainnya. Feed Instagram Scarlett di bagi menjadi beberapa bagian, dan warna-warna yang sering digunakan seperti pink dibagi lagi menjadi beberapa varian warna pink seperti warna pink muda, pink tua, hot pink dan lain sebaginya. Meskipun konsep warna yang dimunculkan lebih dominan kepada wanita, produk Scarlett tetap dapat digunakan oleh siapa saja baik pria maupun wanita. 

Dari konsep feed ini, Scarlett ingin menunjukan makna ceria dan semangat dalam melakukan kegiatan apapun baik wanita ataupun pria tanpa takut kulit menjadi kusam akibat terkena debu dan paparan sinar matahari dengan menggunakan Scarlett.

Selain itu, konsep isi dari isi feed Instagram Scarlett menunjukan brand ambassador mulai yang lokal yaitu dari Indonesia sendiri hingga Internasional dari Korea Selatan. Beberapa brand ambassador lokal seperti Agnes Monica, Natasha Wilona, dan Laudya Cynthia Bella, lalu ada untuk brand ambassador Internasional ada girlband Twice dan aktor Song Joong Ki. Dengan menggandeng artis-artis terkenal sebagai bukti bahwa Scarlett mampu bersaing dan bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga dapat menarik brand ambassador tersebut.

Selanjutnya, dalam highlight Instagram Scarlett, berisikan banyak informasi seputar Scarlett seperti testimoni, new variant, upcycle dari kemasan Scalett yang tidak terpakai, tips membedakan produk Scarlett yang asli dengan palsu. Banyaknya informasi yang tersedia di highlight, menunjukan bahwa Scarlett peka terhadap masalah yang ada dimasyarakat seperti tips membedakan produk Scarlett yang asli dengan palsu dimana konten ini ada karena banyaknya yang meniru produk Scarlett dengan formula yang mungkin tidak baik bagi masyarakat.

Instagram Story, reels dan IGTV

Scarlett juga sudah memanfaatkan fitur-fitur Instagram dalam memasarkan produknya, seperti Instagram Story, reels dan IGTV yang berisikan testimoni dari para konsumen atau dari kalangan orang terkenal, filter dari kolaborasi antara Scarlett dengan Twice yang merupakan girlband papan atas asal Korea Selatan yang sangat populer, selain itu juga berisikan informasi konten-konten kreatif. Hal ini membuktikan bahwa Scarlett aktif dalam menjalankan marketingnya dalam media sosial sehingga semakin banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk membeli Scarlett.

Kolom Komentar

Setiap foto atau video yang dipublikasikan pada akun Instagram Scarlett, selalu dipenuhi oleh komentar masyarakat, rata-rata disetiap foto atau video mencapai lebih dari 100 komentar. Komentar yang diberikan banyak yang positif dan banyak yang penasaran dan ingin mencoba setiap varian produk Scarlett. Hanya saja, dari banyaknya komentar yang ada, admin Scarlett sangat jarang menanggapi.

Berdasarkan hasil analisis, Scarlett berhasil menjangkau banyak konsumen dlihat dari jumlah followersnya, banyak komentar positif, mampu menggandeng brand ambassador terkenal dan lain-lain, hal ini juga menunjukan jika media sosial Instagram efektif dalam melakukan pemasaran. Hanya saja, seharusnya dalam kolom komentar Admin Instagram Scarlett setidaknya merespon satu hingga dua orang sebagai bentuk menghargai mereka yang tertarik pada scarlett.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun