Gabriella Situmorang
Gabriella Situmorang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNIMED

Halo ,perkenalkan nama saya Gabriella Situmorang ,saya mahasiswa dr Universitas Negeri Medan ,prodi: Pendidikan Bahasa Jerman,Hobby saya adalah petualangan ketempat wisata,makan,dan menulis.

Sosbud

Pengalaman 3Minggu Menjadi Mahasiswa PMM di Universitas Jember

29 September 2022   01:27 Diperbarui: 29 September 2022   01:39 865
Gbr Saya ketika di Bandara KNO Medan

Syalom,

Halo Semuanya ,perkenalkan nama saya Gabriella Situmorang.Mahasiswa dari Universitas Negeri Medan.Asal kampung saya dari Laguboti,Danau Toba,Prov.Sumatera Utara,22381.

Semoga kita semua kabarnya baik-baik ya dimana pun kita berada selama covid-19 !Semoga Tuhan Memberkati Kita Semuanya,Amin.

Yuk,ikuti cerita ku pengalaman selama 3 Minggu menjadi Mahasiswa PMM di Universitas Jember !

Sebelumnya saya sedikit cerita tentang mulai keberangkatan sebelum tiba di Universitas Jember,jangan dulu bosan yah,hehe.

Saya adalah Mahasiswa dari Unimed.Prodi: Pendidikan Bahasa Jerman.Saya mengikuti PMM ini karena saya melihat sw alias story wa dalam bahasa zaman sekarang.Jadi,karena saya kepo saya tanyak dan saya cari tau informasi tentang PMM ini.Nah,sebelum saya daftar ikut program ini saya tanyak kepada kakak kos pas pulak kating di Unimed walaupun beda prodi,hehe dan dia menyarankan saya tidak untuk mencobanya karena pengalaman teman sekelasnya.Tapi saya tidak menyerah ,akhirnya saya coba mendaftar.Pada saat mengurus berkas ini kami konsultasi kepada Kaprodi Saya awalnya dia tidak setuju dikarenakan sesuatu hal,sampai akhirnya kami meminta bantuan kepada bagian administrasi Rektor kampus kami di Unimed untuk diberikan surat persetujuan untuk mengikuti program PMM ini.Selesai kami upload berkas dan dinyatakan "LOLOS"tiba-tiba datang pesan chat dari Wa,bahwa kami tidak diizinkan untuk melanjutkan program PMM ini,saat baca itu hancur hati kami rasa sedih sampai gak ada rasa untuk makan,tetapi kami pun tidak menyerah karena saat daftar program ini,kami tetap datangi Kaprodi di ruangannya dan membujuk agar bisa disetujui tetap gagal.Keesokan harinya,ada pemberitahuan dari akun pmm bahwa tiket pesawat kami sudah dikirimkan ke akun pmm kami masing-masing dan akhirnya kami klik menyetujui dan kami pun datang kembali ke kampus untuk memberitahukan ke kaprodi dan disetujui dengan semangat kami mengurus surat perjanjian untuk ambil mata kuliah di Unimed secara daring dan mengkonversi mata kuliah di unimed dan pt kampus penerima,tidak sia-sia ada dukungan orangtua dan doa mereka makanya kami bisa sampai tahap ini dan semua keluarga sudah mengetahui.Saat bercerita ini dirumah pengen nangis karena harus jauh beda pulau sama orangtua selama 4,5 bulan dan natal pun tidak bisa bareng seperti tahun lalu dan tahun baru merayakan bareng dirumah,terasa nyesek di Hati,nangis di kamar ,wkwkw.Sudah-sudah tidak boleh nangis didepan orangtua harus bisa tersenyum.Dan sebelum berangkat saya sedih tidak diurusan dan antar ke bandara KNO di Medan,jadinya saya diantar oleh Bapak dan Adik Perempuan saya dan saya juga dibantu oleh pacar saya untuk berkemas-kemas barang,dia rela datang malam-malam kerumah saya naik bus kecil.Selesai beres barang kami juga tidak lupa foto bareng dan bermain dengan semua anjing peliharaan dirumah.Saya berangkat dari kampung pada tanggal 20 Agustus 2022 dan jadwal keberangkatan saya naik pesawat tanggal 21 Agustus 2022,pukul 09.45 pagi ,jarak dari kampung ke bandara KNO selama 6 jam perjalanan tapi kami naik mobil travel biar cepat .Sebelum berangkat air mata pun menetes dan gak bisa tidur selama perjalanan dan di bandara .Setelah tiba di Bandara awal pertama mau naik pesawat kami pun bertanya untuk check-in dmn ,selama di bandara pun saya menangis dan selesai check-in dan cek barang,saya tidak lupa untuk berfoto bareng Bapak dan Adik Perempuan ku sebelum ke Rg Tunggu dibawah dan berpisah .Saat dipeluk Bapak air mata menetes,mereka menunggu saya dulu berangkat naik pesawat dan aman ,lalu mereka pulang ke kampung.Rasanya ini seperti mimpi sampai tahap ini.

Gbr.Foto bersama Bapak,Adik Perempuan dan Pacar
Lanjut , setelah berangkat dari Bandara Kno,saya transit di Bandara Batam lupa saya nama bandara nya ,hehe maklum sudah tua gurau dari saya.Sesampainya di bandara saya harus boarding pass lagi dan menunggu selama 2 jam di ruang tunggu,menunggu adalah paling membosankan semua orang mengatakan itu,hehe.Lalu sekian lama menunggu akhirnya nama pesawat maskapai kami pun disebut dan kami pun siap untuk berangkat,nah selama diperjalanan udara pun tidak mendukung untung Tuhan baik yah haha kami tidak meninggal dengan mendarat dengan selamat di Bandara Juanda Surabaya selama 2 jam lebih.Setelah itu saya disuruh menungggu untuk ambil koper ,sebelum itu supir travel yang menjemput saya sudah menelepon terlebih dahulu saat saya masih di udara.Selesai saya mengambil koper saya menelepon si supirnya untuk jumpa dimana,dan ada orang baik juga seorang bapak menunjukkan arah yang tempat parkirnya si supir travel tersebut dan tidak lupa saya berterimakasih.Dalam hati saya ada juga masih orang baik di kota ini,tak pikir hanya dikampung,hehe.Dan akhirnya saya jumpa dengan supir travel tersebut kami pun menunggu penumpang yang lain sampai 2 jam lebih,setelah tiba si penumpang tersebut,saya tidak lupa bertanya kepada si supirnya "Berapa jam lagi perjalanan ke Universitas Jember "dia pun menjawab "4-5 jam diperjalanan,sesampainya di Unej saya menelepon pihak PMM yang bertugas di Unej untuk menempatkan saya tinggal di Rusunawa Putri dan mengajak satpam untuk mengantarkan saya ke Rusunawa Putri sekitar pukul 01.30 Malam Lantai 5 Kamar 14,dan saya pun bisa tidur dengan tenang.Dan besok paginya saya bersiap untuk mulai kuliah di Universitas Jember pada tanggal 22 Agustus 2022 dosennya ganti jadwal dan tidak masuk kuliah dalam 1 hari itu saya pun kurang enak badan,padahal saya baru sembuh waktu di kampung,makanya saya reschedule pesawat dan membayar 1/2 tiket.Saya kuliah di Universitas Jember dari Hari Senin sampai Jumat,lalu hari Sabtu dan Minggu adalah jadwal Modul Nusantara bersama Mahasiswa dari berbagai Universitas sebanyak 19 Mahasiswa,Mentor namanya Kak Ratih dan Dosen Dpl yaitu Ibu Nurul.

Nah,sampai disini mau tau gak nih apa sih itu program PMM ?

Pasti pengen tau kan?Yah,pasti kepo lah,huhu.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan di luar program studi dan perguruan tingggi asal selama satu semester.

Apa tujuan PMM?
Hasil gambar untuk apa itu pmm?
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ditujukan kepada mahasiswa semester 3-8 yang ingin melakukan pertukaran studi ke perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di luar pulau tempat mereka berada.