Mohon tunggu...
Gabriella Olivia Liawidjaya
Gabriella Olivia Liawidjaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021

KKN Tim II Undip Periode 2020/2021 Lokasi KKN: Kelurahan Tandang, Tembalang, Semarang DPL: drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PPKM Darurat Dilaksanakan, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 Ajarkan Pembuatan Disinfektan Mandiri di Tandang

4 Agustus 2021   16:22 Diperbarui: 4 Agustus 2021   16:59 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PPKM Darurat Dilaksanakan, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 Ajarkan Pembuatan Disinfektan Mandiri di Tandang
Gambar 1. Infografis cara pemakaian disinfektan di rumah dengan tepat (dokpri)

Tandang, Semarang (23/7). Kondisi Covid-19 di Indonesia kian memburuk, hal itu berujung pada keputusan pemerintah untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali dari tanggal 3 Juli hingga 2 Agustus 2021. 

Tentunya pelaksanaan PPKM membuat protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat harus semakin diperketat, salah satunya dengan melakukan disinfeksi di lingkungan warga dan rumah sendiri. Berdasarkan hasil diskusi dengan Lurah Tandang, Ony Gunarti SR, S.IP, beberapa RW di Kelurahan Tandang merupakan zona merah Covid-19. Beranjak dari situ, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 mengusung edukasi kepada warga mengenai pembuatan disinfektan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan salah satunya karbol.

Program edukasi yang dilakukan mahasiswa Undip ini dilakukan secara online melalui grup WhatsApp yang dimiliki RW 02 Kelurahan Tandang. Materi disajikan melalui video cara membuat disinfektan dengan bahan dasar karbol secara sederhana dan mudah dipahami oleh warga. Di dalam video, dicantumkan alat, bahan, serta cara pembuatan satu per satu secara rinci dan jelas. Tentunya sumber yang dimasukkan adalah berasal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Selain itu, warga juga diberikan informasi mengenai tata cara penggunaan disinfektan yang benar dan tepat dalam rumah sehingga kegunaan disinfektan sesuai dengan fungsinya. Informasi tersebut disajikan dengan menggunakan infografis yang menarik dan juga mudah dibaca dan dipahami oleh warga RW 02 Kelurahan Tandang. Materi didalamnya mencakup definisi, lokasi penyemprotan, cara menggunakan dan apa saja yang harus diperhatikan saat penggunaannya, seberapa rutin melakukan disinfeksi, dan perbedaan antara bersih-bersih pada umumnya dengan disinfeksi.

 (dokpri)
 (dokpri)

Gambar 2 dan 3. Penyemprotan di lingkungan RW 02 dan pembagian disinfektan pada warga RW 02 Kelurahan Tandang (dokpri)
Gambar 2 dan 3. Penyemprotan di lingkungan RW 02 dan pembagian disinfektan pada warga RW 02 Kelurahan Tandang (dokpri)

Walaupun dilaksanakan secara online melalui grup WhatsApp, tidak mengurangi antusiasme warga dalam mempelajari hal-hal tersebut untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada saat pandemi Covid-19 ini. Sebagai tambahan dalam program ini, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 juga melakukan penyemprotan disinfektan yang dibuat mahasiswa pada lingkungan warga RW 02 Kelurahan Tandang. Pembagian disinfektan pada beberapa warga di RW 02 juga dilakukan sebagai bentuk dorongan untuk melakukan protokol kesehatan yang lebih baik lagi.

Penulis : Gabriella Olivia Liawidjaya

DPL    : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN