Mohon tunggu...
Gabriel ChanfarryHadylaw
Gabriel ChanfarryHadylaw Mohon Tunggu... Wiraswasta - Berpengalaman di bidang Konsultan dan Training Bisnis Strategi dan Marketing. Sekarang menjadi Founder of Inner Tunnel Communities

Hobby : Membaca dan menulis di Social Media. Sebelumnya menulis di koran cetak di Koran berskala Nasional

Selanjutnya

Tutup

Financial

Imunitas Perekonomian Indonesia 2023-2025 yang Anomali

5 Desember 2022   01:20 Diperbarui: 5 Desember 2022   01:31 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

*Apakah kapal perekonomian Indonesia bisa tumbang? Jawabannya : TIDAK AKAN PERNAH. Perekonomian Indonesia selalu akan ANOMALI?*

N. Munal Mettel dalam lampiran dua menulis apakah kelebihan penduduk adalah *aset* atau *kutukan*? Dia mengatakan para ekonom mengatakan aset. Sedangkan dari perpektif lingkungan adalah kutukan. Karena dunia hanya bisa menampung penduduk sebesar 2 miliar. Sedangkan sekarang hampir 8,1 miliar.

Produk Domestik Bruto Indonesia disumbangkan sebesar rata-rata 60% dari konsumsi domestik. Jadi hantaman sebesar apapun di bidang ekonomi dan politik secara sejarah perekonomian Indonesia. *Inilah bukti keperkasaan Perekonomian Indonesia yang ANOMALi*.

*Imunitas Perekonomian Indonesia melalui Self-fulfilling Prophecy and The Power of Hope*

Jika seseorang percaya setelah kena hujan maka akan pilek dan demam, maka sehabis dia kena hujan maka umumnya pada malam hari dia akan menjadi panas dan mulai pilek.

Begitu juga apakah seseorang kena Covid akan bermasalah? Pada umumnya jika seseorang percaya dan mempunyai rasa percaya diri tinggi bahwa badannya akan cepat pulih kembali maka langsung imunitas badannya akan meningkat.

*Imunitas perekonomian Indonesia selalu ANOMALI*

Imunitas perekonomian Indonesia diyakini akan terus meningkat  dengan hantaman dasyat selama beberapa dekade. Dan kininditengah gempuran resesi ekonomi dunia, pelambatan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Pembuktian *tingginya imunitas perekonomian Indonesia* selama Covid telah terbukti hebat. Ada ancaman resesi. Tapi hanya sebentar. Pertumbuhan ekonomi menuju tetap rata-rata diatas 5% per tahun.

*Jumlah penduduk adalah aset dan rahmat. Ketersediaan sumber daya alam merupakan tambahan aset*. Pengelolaan yang baik dari semua stake holders termasuk Pemerinrah Indoneaia telah membuktikannya.

*Jadi bagaimana perusahaan besar dan UMKM harus bersikap?*

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun