Mohon tunggu...
Gabriela Bianca
Gabriela Bianca Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Obat Herbal untuk Mencegah Covid-19: Seberapa Bermanfaat Sih?

4 Januari 2021   15:13 Diperbarui: 4 Januari 2021   15:43 113 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Obat Herbal untuk Mencegah Covid-19: Seberapa Bermanfaat Sih?
Sumber: farmasi.ugm.ac.id

Selama masa pandemi Covid-19, penggunaan obat herbal kembali menjadi tren di kalangan masyarakat. Obat herbal merupakan obat yang berbahan dasar dari berbagai jenis tanaman yang diketahui memiliki khasiat untuk mengatasi dan mengobati penyakit.

Faktanya sekitar 80 persen tanaman obat yang ada di dunia tumbuh di negara kita. Karena itulah obat herbal sangat mudah dijumpai di segala penjuru Indonesia. Sejak zaman dahulu pun nenek moyang kita telah memanfaatkan berbagai bahan alam termasuk tumbuhan obat (herbal) sebagai alternatif pengobatan dan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penggunaan obat herbal diwariskan secara turun-temurun hingga akhirnya menyebar ke seluruh lapisan masyarakat dan terus berkembang hingga saat ini. Maka dari itu banyak penduduk Indonesia yang menanam tumbuhan-tumbuhan obat tersebut sehingga dapat dikelola dan dikonsumsi untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

Tanaman tersebut biasa disebut dengan Tanaman Obat Keluarga atau TOGA. Berdasarkan data Riset Kesehatan (Riskesdas) 2018, proporsi penduduk Indonesia yang memanfaatkan TOGA adalah sebanyak 24,6%. 

Mengonsumsi obat herbal dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Obat herbal memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka tubuh akan tidak mudah terserang dan terhindar dari penyakit.

Selain itu, obat herbal juga dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit atau risiko kesehatan, mengatasi keluhan kesehatan ringan, memulihkan dan merawat kesehatan tubuh, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Di masa pandemi Covid-19, obat herbal dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta untuk mengurangi gejala Covid-19. Obat herbal yang dapat berperan sebagai peningkat daya tahan tubuh adalah obat herbal yang memiliki kandungan seperti jahe merah, temulawak, kunyit, serta meniran.

Dalam hal mengurangi gejala Covid-19, obat herbal yang dapat digunakan adalah rimpang kencur untuk batuk pilek, bawang putih dan antanan untuk sakit kepala, biji pala untuk sulit tidur, serta jahe untuk mual muntah.

Selain manfaatnya yang beragam, pembuatan obat herbal juga dapat dilakukan sendiri. Bahan yang mudah dicari serta cara pembuatannya yang mudah dan praktis juga membuat semua orang dapat membuatnya di rumah. Berikut beberapa cara mengolah tanaman herbal menjadi obat herbal yang dapat dikonsumsi.

Sumber: klikdokter.com 
Sumber: klikdokter.com 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x