Mohon tunggu...
FX Nana Sutono
FX Nana Sutono Mohon Tunggu... Lainnya - Mencoba untuk terus belajar

Saya saat ini bekerja sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan kontraktor pertambangan batubara dan juga melanjutkan perkuliahan di salah satu universitas full online learning di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Air Terjun Tengah Kota Terkenal Dampak Berkembangnya Society 5.0

27 Juli 2021   19:00 Diperbarui: 27 Juli 2021   19:00 32 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Air Terjun Tengah Kota Terkenal Dampak Berkembangnya Society 5.0
curug-60fff17015251054b70484e2.jpeg

Perkembangan dunia teknologi dan pola interaksi manusia terus menerus mengalami perkembangan yang signifikan saat ini. Hal ini sangat kita rasakan dalam 10 tahun terakhir tentunya teknologi komunikasi yang secara signifikan merubah segala bentuk tata atur komunikasi kita yang telah bertahan puluhan tahun sebelumnya berubah sangat drastis. Dulu, orang untuk dapat menghemat pulsa akan memilih menggunakan SMS dengan karakter dibatasi 360 huruf setiap lembar informasi nya, bisa lebih namun akan dihitung 2 lembar, orang mau ambil foto suatu area harus mempersiapkan kamera serta membeli film kosong untuk kamera nya baru setelah nanti proses pemotretan hasil baru bisa di cetak untuk di lihat hasil nya. Sehingga, kadang informasi tentang suatu hal perlu banyak waktu untuk disampaikan kepada khalayak ramai. Sebagai contoh, untuk promosikan suatu produk langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

1. Pemilik produk harus memiliki kamera

2. Mempersiapkan kebutuhan foto

3. Mencetak foto

4. Membuat desain selebaran/flyer/pamflet

5. Mencetak selebaran/flyer/pamflet

6. Menyebarkan di area-area yang dapat terjangkau (gratis), memasang di iklan koran atau televesi (berbayar)

7. Calon konsumen baru akan tahu produk tersebut

8. Calon konsumen melakukan pembelian.

Setidaknya minimal ada 8 langkah aktivitas yang harus dilakukan seseorang untuk dapat memasarkan produk nya, baik berupa barang ataupun jasa. Hal ini senada dengan mekanisme mengiklankan atau mengenalkan suatu area wisata, produk lokal, dan sejenisnya, meskipun produk-produk tersebut  memiliki kualitas yang menarik, namun proses diketemukan nya produk-produk ini oleh para konsumen membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga berdampak juga ketahanan dari industri-industri tersebut untuk bertahan rentang produknya ditemukan oleh konsumen. Namun, semua itu serasa berubah drastis dalam 3-5 tahun terakhir, dimana secara infrastruktur pengembangan teknologi 4.0 serta society 5.0 yang berkembang pesat serasa membuat minimal 8 langkah yang dulunya harus digunakan untuk mengenalkan bahkan memasarkan suatu produk atau jasa sekarang mungkin cukup dalam 2-3 langkah saja yaitu :

1. Foto produk dengan HP

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN