Mohon tunggu...
Fajr Muchtar
Fajr Muchtar Mohon Tunggu... Guru - Tukang Kebon

menulis itu artinya menyerap pengetahuan dan mengabarkannya https://www.youtube.com/c/LapakRumi

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Petani Juga Perlu Kemudahan Transaksi a la QR-Ku

22 Mei 2019   20:06 Diperbarui: 22 Mei 2019   20:33 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi uang gajian (dok: finace detik)

Satu hari salah satu petani yang bekerja di kebun Pesantren Al Musthafa, datang menghadap. Setelah di depan saya, dia mengutarakan kebutuhannya. Sangat penting katanya. dia bercerita, ada telepon dari keluarga di Lampung. Orang tuanya sakit keras dan dia diminta untuk segera pulang. Sementara itu uang tak ada, jadi dia meminta gajinya dan meminjam uang.

Karena bukan waktu gajian, kepadanya saya katakan tidak bawa uang. Kalau maupun harus menunggu agak lama agar saya bisa mengambil uang ke ATM terdekat. Dia menyetujui dan kembali memohon agar disediakan.

Akhirnya saya mengeluarkan motor dan segera menuju pom bensin di Ciluluk. Untuk informasi saja, jarak dari kebun saya di Ciheuleut, Cijapati ke Ciluluk sekitar 7 km. jarak yang cukup jauh untuk ambil uang zaman kini. Bukan hanya jarak lho yang jadi masalah, kondisi jalan juga membuat agak malas untuk ke mana-mana. Jalan berbatu yang licin saat hujan dan ditambah kubangan tanah lempung yang membuat motor harus dikendalikan secara offroad.

jalan berlumpur tuk transfer dan ambil uang (Dokpri)
jalan berlumpur tuk transfer dan ambil uang (Dokpri)
Pernah juga petani saya telepon dari untuk keperluan mendadak dan dan urgen. Saya susah menolak untuk membantu. Sebab mereka telah banyak membantu saya memakmurkan tanah wakaf di Cijapati. Karena tidak punya rekening, akhirnya saya harus datang ke Cijapati. Bayangkan saja, jarak Ciburial ke Cijapati itu sejauh 40 km. Jarak yang jauh masih ditambah beberapa daerah yang macetnya bikin bete.

Seandainya saja para petani itu punya rekening bank yang simpel dan tidak ruwet pasti urusan keuangan bisa lebih lancar. Saya tak perlu repot-repot ke Ciluluk untuk transfer dan ambil uang. Harusnya untuk urusan simpel seperti itu tidak perlu mengambil waktu dan kerja yang merepotkan. Kan petani juga mau yang simpel-simpel.

Hal ini seperti ini juga pernah saya alami. Satu waktu saya mengadakan akad sewa lahan dan bangunan di lahan milik pesantren. Penyewanya pengusaha dan petani serai wangi dari Jakarta. Saat akad ditanda tangani, uang yang diperlukan ternyata kurang. Pak Ferry saat itu bertanya, apakah kekuarangannya mau cash atau transfer saja. Kalau cash harus nunggu beberapa hari, kalau cash bisa saat itu juga. Saya minta cash saja agar segera beres transaksinya. Pak Ferry kemudian melakukan transfer dari hpnya dan beberapa menit kemudian skrinsut transfernya dikirim kepada saya. Sayapun segera mengecek saldo di rek BCA saya untuk memastikan dana yang masuk.

1544335482qrkubcainfographiccompetition-erlanggabaihaqi-5ce52c81733c433f2429a5fe-5ce5489e6b07c530191cff45.jpg
1544335482qrkubcainfographiccompetition-erlanggabaihaqi-5ce52c81733c433f2429a5fe-5ce5489e6b07c530191cff45.jpg
Harapan saya ke depan, sistem pembayaran non tunai makin memasyarakat, petani harus dikenalkan dengan berbagai layanan perbankan yang semakin dekat dan mudah. Hal ini mengingat perputaran uang di petani juga sangat besar. Toh akan lebih aman jika dilakukan transaksi non tunai.

Salah satu kemudahan yang perlu dikenalkan adalah transaksi menggunakan QR Ku BCA yang menawarkan fasilitas transfer tanpa memasukan nomor rekening tujuan melainkan dengan scan QR code. QR Ku Adalah salah satu fitur mobile banking BCA dan sakuku. Jadi untuk bisa menggunakan QR Ku, kita harus sudah mendownloat aplikasi Mobile BCA di appstore maupun di playstore.

images-5ce531ac6b07c55465078087-5ce548bf6b07c533e408dd47.jpg
images-5ce531ac6b07c55465078087-5ce548bf6b07c533e408dd47.jpg
Pastikan M-Banking yang digunakan sudah terverifikasi untuk transaksi finansial. Sementara untuk penggunaan Sakuku akunnya harus sudah diupgrade ke Sakuku Plus. Jika sudah, maka M-Banking anda sudah bisa menggunakan layanan QR KU BCA untuk transfer.

Menariknya lagi, dengan menggunakan metode QR ini, nasabah BCA bisa mengirim uang mulai dari RP 1. Padahal biasanya dengan menggunakan metode biasa, jumlah minimal uang yang bisa ditransfer adalah sebesar RP. 10.000.

Cara transfer Menggunakan Qr Ku BCA ke sesama BCA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun