Mohon tunggu...
futihat nurul karimah
futihat nurul karimah Mohon Tunggu... menulis itu, ya menulis

lahir 16 tahun lalu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Stres Belajar Online di Rumah? Ini Tips Mengatasinya

29 Juli 2020   14:26 Diperbarui: 29 Juli 2020   15:03 887 16 2 Mohon Tunggu...

Pandemi corona telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan. kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka langsung kini berubah menjadi pembelajaran daring. 

Siswa siswi di masa pandemi ini, diharuskan untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru. tak jarang, pembelajaran daring ini menimbulkan masalah. banyaknya siswa siswi yang mengeluh merasa setres selama sistem pembelajaran online ini dilaksanakan. berbagai alasan, mulai dari tugas yang banyak, rindu bermain dengan teman teman, serta jaringan yang lemot menjadi salah satu faktor penyebab siswa siswi menjadi setres. berikut, adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan, untuk menghadapi setres akibat belajar online di rumah.

1. Membuat Jadwal Sederhana

kamu pasti pernah merasa kebingungan dengan jadwal online class yang akan kamu jalani hari ini. hingga berakhir dengan waktu yang habis, atau terlewat begitu saja karena kamu tidak tahu jadwal pelajaran apa yang harus kamu ikuti, kebingungan ini terkadang membuat kita merasa setres begitu melewati tugas penting yang harus segera dikumpulkan. nah, membuat jadwal sederhana yang kamu tulis di dalam binder atau buku catatanmu dapat membantu untuk mengatasi rasa bingungmu. selain itu, membuat jadwal dapat membangun rasa percaya dirimu, karena merasa siap untuk mengikuti pembelajaran online ini.

gunakan satu lembar bukumu, buatlah sebuah tabel yang berisi hari, nama mata pelajaran, dan pukul berapa pelajaran itu akan dimulai hingga berakhir. untuk menambah rasa semangatmu, gunakan pulpen warna warni dan berbagai hiasan yang kamu suka, untuk menghias jadwalmu. akan lebih baik, jika kamu menghias dan membuat jadwalmu sendiri di kertas ya, karena akan menambah kemampuan menulismu dan meningkatkan kreatvitas.

2. Tidur yang cukup

apa kamu sering kelabakan di pagi hari untuk absen pagi? wah, hal ini pasti bisa merusak awal pagimu ya. selama pembelajaran online ini, absen pagi adalah hal yang penting, jika kamu melewatinya bisa bisa kamu tak dianggap hadir. belum lagi, jika telat, waktu untuk pembelajaran online bisa habis. dan berakibat pada kita yang akan kehilangan nilai, untuk mata pelajaran itu. sedih, bukan? maka dari itu, yuk bangun kebiasan tidur yang baik. dengan tidur lebih awal, tentu kita akan merasa segar bugar di pagi hari dan siap menghadapi pembelajaran online. tidur yang cukup, juga  bisa membanbantumu lebih fokos di esok hari. 

3. Membuat suasana belajar yang nyaman

bosan ya rasanya jika kita harus berdiam diri di depan layar komputer atau layar ponsel untuk mengerjakan tugas tugas online selama berjam jam? tak jarang kejenuhan ini yang bisa menimbulkan perasaan tertekan dan setres. untuk mengatasi perasaan bosan ini, kamu bisa membuat sendiri suasana belajar yang nyaman. mulai dari menentukan posisi duduk yang nyaman.

Jika kamu merasa duduk di kursi terlalu melelahkan, kamu bisa mencoba mengerjakan tugas sambil berbaring di kasur. atau, berjalan jalan di dalam dan di taman rumah  untuk membuat suasana belajar yang baru. 

menyetel lagu favoritmu juga bagus loh untuk meningkatkan mood belajar, dan menciptakan susana yang relax. jadi, tugas yang diberikan guru bisa terasa lebih menyenangkan, jika kita merasa relax dan happy. selanjutnya, kamu bisa mengambil cemilan ringan, atau makanan favoritmu untuk menemani online classmu. belajar jadi menyenangkan bukan, jika ditemani hal hal yang membuatmu senang.

4. Coba gaya belajar mu sendiri!

memikirkan hal hal negatif mengenai online class akan semakin membuatmu tertekan dan merasa terkurung. mari kita lihat dari sisi positiv yang bisa kamu dapatkan untuk mengatasi rasa tertekan dan stres mu selama belajar online. kini, kamu bisa lebih flexibel untuk mencoba gaya belajar yang sesuai dengan dirimu. jika dulu gaya belajar di sekolah sering tak sesuai denganmu, entah karena terlalu cepat, atau sistem belajar mu yang harus terfokus pada satu pelajaran baru lanjut ke pelajaran lainnya dapat kamu realisasikan sekarang.

Online class punya banyak waktu flexibel yang dapat kamu gunakan untuk mencoba gaya belajarmu sendiri, entah itu sambil mendengarkan lagu, tiduran di kasur, belajar melalui youtobe. setelah selesai waktu online class mu, kamu bisa merancang sendiri gaya belajarmu, dengan bebas. jadwal belajarpun bisa kamu rancang dan kamu tentukan sendiri. jika kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang positiv, tentu akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

belum lagi, jika kamu memanfaatkan batas waktu yang diberikan saat online class tentu ini akan efektif. contoh saja, jika pelajaran pertama adalah mata pelajaran sejarah dan guru memberikan materi yang harus kamu rangkum dari pukul 07.00 sampai pukul 08.35, jika kamu memanfaatkan dengan baik, maka kamu akan berusaha memahami materi pelajaran, dan merangkumnya dengan baik. tentu saat onlince class ini kita tidak punya waktu yang bebas untuk bercanda bersama teman saat jam pelajaran layaknya saat sekolah tatap langsung dulu. karena ada batas waktu yang ditetapkan melalui web sekolah masing masing, jika tak kunjung di submit maka kita akan dianggap tidak mengerjakan. wah, kesannya sangat membuat panik dan jadi kejar kejaran dengan waktu ya. tapi tenang, kamu bisa kok jika fokus dan memanfaatkan waktu dengan baik. dan malah, pembelajaran ini akan membuatmu menjadi lebih menghargai waktu, dan tidak membuangnya secara sia sia.

5. Jangan panik, jika internet lemot!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x