Tujuan untuk mengulas hubungan antara konsep dan gagasan, pembelajaran ini membantu siswa mengembangkan metode membuat catatan yang menyertakan kata simbol, gambar, dan cita-cita lain yang terkait dengan topik utama.
Otak kita meiliki kemampuan untuk mengenali generalisasi, gambar, skenario, warna, suara, dan musik. Namun, bersekolah sering kali membatasi pembelajaran hanya pada hal-hal abstrak dan tidak berkaitan. Penelitian menunjukan bahwa hal tersebut tidak cocok dengan pikiran siswa yang kompleks (Rose & Nicholl, 1997). Salah satu cara untuk melibatkan wawasan siswa dengan lebih menyeluruh, dan membantu siswa agar dapat lebih memahami topik dengan lebih menyeluruh adalah dengan menggunakan Peta Pembelajaran. Intruksi untuk membuat Peta Pembelajaran dapat disampaikan seperti berikut:
- Pilih satu topik, tuliskan gagasan utama di tengah-tengah halaman.
- Buat cabang-cabang. Buatlah cabang-cabang yang berasal dari gagasan ini yang dicantumkan di inti halaman.
- Cantumkan kata-kata kunci. Tambahkan kata kerja dan kata benda yang relevan pada setiap cabang. Gunakan sedikit mungkin kata. Pilihlah kata yang paling dapat memicu ingatan akan pelajaran tersebut.
- Tambahkan simbol, warnah, gambar dan elemen-elemen lain. Gabungan beragam gaya untuk membuat peta pembelajaranmu menjadi lebih mudah diingat. Mungkin dapat dilakukan dengan menulis dengan berbagai macam ukuran huruf, menuliskan beberapa kata tertentu dengan huruf tebal, kata lain dengan huruf kapital semua. Selain itu, dapat juga menambahkan simbol-simbol sederhana seperti tada centang, tanda tanya, tanda seru, gambar-gambar sederhana, bentuk, atau apa pun yang dapat lebih muda mengingatkan hal-hal penting.
- Perhatikan pentunjuk-pentujuk berikut:
- Sisahkan banyak ruang kosong agar informasi tersebut bisa jelas terlihat
- Gunakan tulisan jelas, warnah yang terang, kata-kata yang digaris bawahi, dan gaya yang unik agar informasi penting mudah diingat.
- Gambar ulang peta pemelajaran untuk memperjelas gagasan dan detailnya.