Mohon tunggu...
Muchlisotul furda
Muchlisotul furda Mohon Tunggu... Administrasi - .

Seorang guru biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi PPGJ 2020

22 November 2020   14:10 Diperbarui: 22 November 2020   14:12 4942
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan yang diselenggarakan oleh kemendikbud pada tahun 2020 dilaksanakan dalam jaringan (daring) dimulai dengan angkatan pertam pada  awal bulan agustus tahun 2020 sampai angkatan empat yang akan berakhir di penghujung tahun. Pelaksanaan PPGJ daring dengan menggunakan lms yang terintegrasi dengan sim pkb. PPGJ diikuti berbagai guru di seluruh Indonesia dari guru yayasan, guru honorer dan PNS.  Saya adalah salah satu guru yang mengikuti PPGJ pada angkatan dua. Kegiatan dari awal sampai akhir saya ikuti dengan baik. Berhari-hari lembur untuk menyelesaikan tugas pada lms. 

PPGJ tahun ini membuat saya harus bisa membagi waktu antara sekolah, keluarga dan  PPG. Bagaimana saya menyisipkan waktu untuk mengerjakan tugas diantara kegiatan di sekolah dan di rumah. Apa yang saya rasakan itu luar biasa. Vitamin dan suplemen makanan tambahan harus saya konsumsi agar stamina tetap terjaga. Kegiatan PPG yang menyita waktu banyak, tidak sedikit teman yang berjatuhan sakit. Mulai migrain, panas, darah tinggi, darah rendah dan lain sebagainya. Ada juga yang meninggal saat akan melaksanakan weebmeet dengan dosen. 

Setiap kali webmeet dengan dosen, dosen selalu berpesan agar selalu bahagia saat mengerjakan tugas, agar tidak terbebani dan menjadikan down apalagi sekarang cuaca lagi tidak menentu.Saya bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan PPGJ. Saya berusaha enjoy agar tidak stress setiap harinya.  

Pada akhir modul ada tes komprehensif selama 30 menit, tes lisan antara mahasiswa dengan dua dosen yang bertatap muka secara maya via zoom. Setelah lulus komprehensif baru  PPL di sekolah. PPL 1 selama 12 hari, PPL 2 selama 6 hari dan ada kegiatan reviu PPL setelah kegiatan PPL. Setelah PPL berakhir ada ujian kinerja (ukin), berbeda dengan ukin tahun lalu yang praktek langsung di lapangan (sekolah). UKIN tahun ini dilaksanakan secara daring dengan membuat video praktek selama 30-40 menit dan portofolio kegiatan 2 tahun terakhir.  Ujian pengetahuan (UP) dilaksanakan di LPTK. terdekat. Pelaksanaan UP untuk angkatan 1 sudah dilakukan pada  21 November lalu. Harapan saya semoga kami lulus UKIN dan UP langsung tanpa mengulang. Kurang lebih 3 bulan perjuangan kami berjuang  menjalani PPGJ

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun