Mohon tunggu...
Alvilatifahfina
Alvilatifahfina Mohon Tunggu... Guru - Senggang dalam hidup, adalah memahami kehidupan dengan lebih fasih.

Saya adalah seorang guru honorer, yang masih terus belajar.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kiat Menulis bagi Pemula, Menulis dari Hal Paling Receh

17 September 2018   08:30 Diperbarui: 17 September 2018   12:35 590
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Menulis bagi sebagian orang adalah kegiatan paling disukai, saat jari-jari mereka beradu menuangkan apa yang sedang mereka pikirkan. Bahkan mungkin sebagian orang dengan kepribadian introvet  telah merasa nyaman menyimpan pikiran mereka sendiri, serta merasa telah terbantu atas keberadan alat tulis yang beraneka ragam. 

Saya juga termasuk pribadi introvert yang gemar menulis di dalam catatan harian, kadang rasanya ingin berbagi cerita kepada orang lain. Namun rupa-rupanya perasaan lebih nyaman untuk menyimpan semuanya sendiri sudah jadi kebiasaan yang menyenangkan. Lama bergelut sendiri dengan kebiasaan menulis harian, lambat laun muncul keinginan menulis di medsos sehingga orang lain dapat juga membacanya. Sebab itu dalam beberapa waktu kegiatan yang rajin saya lakukan adalah membaca artikel-artikel, berharap juga bisa menuangkan hal yang bermanfaat di dalam lembar kerja Ms Word. 

Setelah melakukan kegiatan membaca, jemari saya bergegas menyentuh tombol keyboard, tapi apa nyatanya? Hampir sejam saya menghadap notebook, dan hanya mendapatkan perasaa bingung hendak menulis apa, seolah setiap apapun yang ditulis adalah salah dan tidak jelas, tidak mengundang selera. 

Memikirkan hasil tulisan yang separuh jadi, atau sudah jadi tetapi terasa tidak memuaskan. Benak saya campur aduk dengan gumam, "Mungkin hari ketika aku menulis dan persiapannya tidak cukup baik, sehingga berdampak pada hasil tulisan." Setelah mendapatkan hasil tulisan biasanya saya hanya mendiamkannya untuk melanjutkan kembali di hari esoknya jika ada ide.       

Pesan dari Guru Menulis Sepanjang Masa

Pada awal-awal proses kegiatan menulis yang tanpa hasil, saya kehilangan selera untuk menulis hingga ilham datang ketika sedang melakukan aktivitas lain, teringat oleh saya seorang guru yang pernah telaten mengajarkan saya menulis---dulu ketika masih menjadi mahasiswi semester satu dan dua saya bersama teman angkatan pernah mendapatkan kelas khusus menulis Bahasa Indonesia.

Akhirnya saya menelusuri Twitter almarhum bapak Hernowo Hasyim, benar juga saya menemukan banyak tulisan dari dosen saya tentang menulis. Akhirnya saya menemukan satu artikel tentang free writting, hal yang saya butuhkan dan yakin akan membantu meningkatnya rasa percaya diri dalam kegiatan menulis yang sedang buntu.

Artikel tentang kegiatan free writting itu memberikan sebuah pemahaman, bahwa bagi pemula yang baru berkeinginan menulis yang harus dilakukan sehingga bisa membuat karya tulis adalah hanya dengan melakukan kegiatan menulis. 

Menurut beliau hal pertama untuk menakhlukkan perasaan gagal dalam menulis adalah hanya dengan melakukan kegiatan menulis tanpa memperdulikan apakah yang ditulis benar atau salah, bagus atau jelek, tidak memperdulikan kritikan-kritakan apapun yang datang terkait tulisan yang telah kita buat, kita disilakan menulis apapun bahkan hal paling receh sekalipun, berapapun jumlah karakternya. 

Saya Terjangkiti Wabah Perfekto

Beberapa waktu lalu saya juga telah melewati tugas akhir sebagai mahasiswi yang menempuh pendidikan S1, dan harus melewati masa karantina untuk membuat karya ilmiah skripsi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun