Mohon tunggu...
Super_Locrian
Super_Locrian Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis lepas, enthusiastic in journalism, technology, digital world

Cuma seorang yang mencoba mempelajari tekno lebih dalam

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

BI FAST Interface Application-Solusi Sistem Pembayaran Ritel Perbankan

27 September 2021   14:46 Diperbarui: 27 September 2021   15:10 233 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan BI Fast Payment pada tahun ini. Layanan ini akan menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Nantinya, sistem akan beroperasi selama 24 jam dan mempercepat sistem kliring di bank tanpa batas.

Inisiatif tersebut merupakan implementasi dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 guna menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang cepat, serta mewujudkan industri penyelenggara sistem pembayaran yang inovatif, kolaboratif, dengan standar keamanan yang tetap terjaga.

 Merespon kebutuhan implementasi BI FAST bagi perbankan, Fujitsu Indonesia berinovasi dengan menciptakan sistem interfacing yang akan membantu Bank peserta, dalam pemenuhan kebutuhan integrasi BI FAST. 

Layanan BI-FAST yang akan dikembangkan pada Fase I berbasis rekening, yaitu Individual Credit Transfer, Request for Payment, Bulk Credit, dan Direct Debit, sedangkan Fase II berbasis instrumen. Fase I Tahap -- 1 ditargetkan implementasi pada Desember 2021 melalui layanan Individual Credit Transfer (Perorangan).

Melihat kebutuhan implementasi BI FAST yang diwajibkan oleh Bank Indonesia untuk industri perbankan, Fujitsu menawarkan solusi end to end untuk membantu Bank dalam implementasi tersebut, antara lain :

A.     BI FAST Interface Application

 Meliputi aplikasi interface yang menghubungkan sumber data transaksi yang digunakan untuk keperluan BI FAST Payment sebelum dikirimkan ke CI Connector sesuai dengan format yang ditentukan oleh Bank Indonesia (ISO 20022).

B.     BI FAST Infrastructure

 Meliputi perangkat keras dan lunak sebagai pendukung dalam implementasi BI FAST

 sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh Bank Indonesia.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan