Mohon tunggu...
Super_Locrian
Super_Locrian Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis lepas, enthusiastic in journalism, technology, digital world

Cuma seorang yang mencoba mempelajari tekno lebih dalam

Selanjutnya

Tutup

Digital

Implementasi Smart Factory dengan Transformasi Digital

24 September 2021   10:31 Diperbarui: 24 September 2021   10:40 147 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Implementasi Smart Factory dengan Transformasi Digital
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Mengulas Transformasi digital (DX) adalah bahasan menarik untuk menjadi acuan dalam menentukan arah strategis, yang memungkinkan inovasi bisnis yang didasarkan pada penggabungan teknologi digital ke dalam proses operasional, produk, solusi, dan interaksi pelanggan Anda. Strategi ini difokuskan untuk memanfaatkan peluang teknologi baru dan dampaknya terhadap bisnis dengan berfokus pada penciptaan dan monetisasi aset digital.

DX, atau transformasi digital, adalah konsep yang pertama kali diajukan oleh Profesor Erik Stolterman dari Universitas Ume pada tahun 2004. Ia menggambarkannya sebagai "Perubahan yang disebabkan atau dipengaruhi oleh teknologi digital dalam semua aspek kehidupan manusia."

Definisi gambaran yang lebih spesifik tentang konsep ini adalah "Situasi di mana perusahaan berurusan dengan perubahan dramatis dalam lingkungan bisnis, mengubah produk, layanan, dan model bisnisnya untuk memenuhi permintaan pelanggan dan masyarakat, dengan memanfaatkan data dan teknologi digital dan mengubah layanannya sendiri, organisasi, proses, korporat dan budaya bisnis sehingga dapat membangun keunggulan kompetitif,". Sementara Fujitsu secara umum menggambarkannya sebagai "memanfaatkan teknologi dan data digital untuk memberikan layanan inovatif dan mengubah proses bisnis."

Secara etimologi, DX terdiri dari D untuk digital dan X untuk transformasi. Digital hanya mengacu pada metodologi dan titik kritisnya adalah apakah transformasi dapat dilakukan atau tidak. Dalam kondisi tertentu, sesuatu yang tidak berada pada tingkat transformasi bisnis tidak bisa disebut DX, meskipun menggunakan teknologi digital yang canggih.

Sebagai contoh tren di industri keuangan. Secara sistem, Internet banking cukup dapat disebut DX. Karena membuat transaksi tersedia secara online tidak mengubah model bisnis itu sendiri dari cara konvensional dalam melakukan sesuatu.

Berbeda dengan mata uang virtual seperti Bitcoin yang berusaha mengubah struktur mata uang itu sendiri dengan menggunakan blockchain atau teknologi canggih lainnya sebagai pemicu, yang akhirnya mengarah ke DX. Dalam bahasa mudah, Bitcoin berusaha mengubah struktur model bisnis dengan menggunakan teknologi. Ini yang belum bisa dikategorikan sebagai DX.  

Artinya, inti dari DX adalah bagaimana mencapai efisiensi model bisnis dengan tidak mempengaruhi produktifitas produksi, serta menambah nilai dari transformasi bisnis yang dilakukan.

DX atau Transformasi digital melibatkan pembangunan ekosistem digital di mana ada koherensi dan integrasi tanpa batas antara pelanggan, mitra, karyawan, pemasok, dan entitas eksternal, memberikan nilai keseluruhan yang lebih besar bagi keseluruhan.

Kunci Transformasi Digital

Transformasi digital dapat berupa linier atau eksponensial. Perusahaan yang memulai transformasi digital linier memeriksa bagaimana memodernisasi dan meningkatkan operasi saat ini. Dalam banyak kasus, ini adalah titik di mana banyak organisasi memeriksa peluang untuk bertransformasi secara digital. Namun, mengubah cara organisasi beroperasi secara mendasar merupakan komponen transformasi digital eksponensial. 

Ini membutuhkan perubahan mendasar dalam pemikiran seluruh organisasi dan secara holistik merangkul perubahan menggunakan teknologi digital untuk semua proses dan interaksi, baik secara internal maupun eksternal. Sebagai contoh, industri ritel yang memodernisasi sistem distribusinya melalui teknologi digital mengalami transformasi linier. Namun, kalangan pengecer yang membangun situs e-commerce untuk mengubah cara menjangkau dan menjual kepada pelanggan menunjukkan bagian dari transformasi digital eksponensial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan