Mohon tunggu...
Fuji Lestari S
Fuji Lestari S Mohon Tunggu... Pelajar

anda mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunggu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Beberapa Cara Mengatasi Stres Saat Belajar di Masa Pandemi

3 Maret 2021   18:09 Diperbarui: 3 Maret 2021   18:24 52 0 0 Mohon Tunggu...

Sudah hampir 1 tahun pandemi covid-19 menyerang negara Indonesia. Yang mengharuskan semua warga Indonesia untuk selalu menjaga protokol kesehatan, melakukan pembatasan disetiap daerah, dan juga mengharuskan para siswa untuk melakukan belajar dengan jarak jauh atau yang biasa disebut dengan belajar daring (online). 

Pembelajaran daring merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet. Metode ini bukanlah metode baru dalam sistem pendidikan. Metode ini telah digunakan di Amerika Serikat tahun 1892 ketika Universitas Chicago meluncurkan program pembelajaran jarak jauh pertamanya untuk tingkat pendidikan tinggi.

Tentu saja hal ini baru untuk negara Indonesia. Dan menurut survei yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dengan responden siswa dan guru pada 13-21 April 2020. Survei dilakukan di 20 provinsi dan 54 kabupaten/kota di Indonesia.Stres dengan pembelajaran jarak jauh belajar di rumah terbukti ditunjukkan. 

Ternyata 79,9 persen anak mengatakan bahwa proses pembelajaran jarak jauh tanpa interaksi," papar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti saat sesi webinar "Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 pada Anak-anak di Indonesia: Tantangan Menjaga Kesejahteraan Anak Saat Pandemik", ditulis Selasa (12/5/2020).

Kebosanan dan ketidakfokusan saat belajar dirumah memang sering terjadi saat masa pandemi ini. Tetapi rasa stres ini bisa diatasi dengan beberapa cara berikut :


1. Menjaga pola hidup sehat.
Menjaga pola hidup sehat ini memang sangat penting dilakukan saat dirumah dan juga dapat mengurangi stres dalam belajar. Dengan cara menjaga pola makan, sering berolahraga dan tidur dengan cukup itu akan membantu kita untuk selalu fokus saat belajar.


2. Mengatur jadwal belajar.
Mengatur jadwal ini membuat hidup kita terorganisir. Kita bisa membuat jadwal untuk belajar. Disaat kita sedang mendapat banyak tugas alangkah lebih baiknya mengerjakan tugas tersebut setelah hari diberi tugas tersebut tidak harus sampai selesai yang terpenting adalah dalam satu hari itu ada hasil untuk menyelesaikan tugas. Selain itu juga kita bisa membuat daftar untuk beristirahat dan berolahraga agar hidup tetap sehat.


3. Buat tempat belajar senyaman mungkin.
Kenyamanan tentu sangat penting saat belajar, karena dengan membuat suasana belajar yang nyaman kita akan lebih fokus menerima materi yang diberikan. Contohnya saya lebih terbiasa belajar dikamar dengan suasana nyaman tanpa terganggu oleh siapapun. Dan adapula lebih terbiasa belajar dengan diiringi aliran musik yang membuat diri tidak mudah mengantuk. Itu semua tergantung kenyamanan diri sendiri saat belajar. Lebih baik cari tahu tentang diri sendiri apa yang bisa membuat diri sendiri nyaman saat belajar.


4. Relaksasi diri.
Teknik relaksasi ini bisa dilakukan kurang lebih 15 menit guna untuk melenyapkan atau meredakan stres saat belajar. Ada beberapa cara melakukan relaksasi yaitu :

- Meditasi
- Bernafas dalam-dalam
- Meluangkan waktu untuk fokus pada satu perilaku dengan kesadaran
- Sharing dengan teman
- Pahami apa yang tubuh rasakan, untuk mengetahui seberapa stres diri Anda
- Tertawa
- Mendengarkan musik
- Bergerak
- Bersyukur


Di atas merupakan beberapa cara untuk mengatasi stres dalam belajar daring. Semua tergantung atas diri sendiri. Mungkin beberapa tips dari saya bisa membantu anda dalam mengatasi stres belajar online. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN