Mohon tunggu...
Rohmad Fuad Armansyah
Rohmad Fuad Armansyah Mohon Tunggu... Dosen di STIE Perbanas Surabaya

Aktif meneliti dan mengajar bidang keuangan di STIE Perbanas Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Smart Mengelola Keuangan Saat Covid-19 Outbreak

14 Mei 2020   07:12 Diperbarui: 14 Mei 2020   07:27 177 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Smart Mengelola Keuangan Saat Covid-19 Outbreak
Smart Mengelola Keuangan Saat Covid-19 Outbreak-dokpri

Oleh : Rohmad Fuad Armansyah, SE., M.Si., Dosen STIE Perbanas Surabaya

Wabah Covid-19 telah menjadi nyata dalam kehidupan kita. Dunia kini telah berjuang melewati masa-masa sulit ini. Banyak sekali dampak yang dialami oleh berbagai segmen kehidupan manusia. 

Mulai dari kesehatan, pekerjaan, pendidikan, hingga yang paling terasa adalah pundi-pundi rupiah. Setiap orang memiki penghasilan yang berbeda-beda, kendati demikian, pengelolaan yang baik akan memudahkan segala sesuatu yang direncanakan berjalan dengan baik.

Pengelolaan keuangan bagi keluarga atau rumah tangga lebih rumit dibandingkan mengelola keuangan pribadi. Pengelola keuangan keluarga melibatkan Suami, Istri, dan anak-anak. 

Jika pengelolaan keuangan rumah tangga ini berjalan dengan baik, maka tujuan yang ingin dicapai keluarga dapat berjalan dengan lancar. Sebaliknya, salah kelola, maka bersiaplah mengalami masalah keuangan dan tertundanya agenda yang direncanakan.

Suami ataupun istri dalam keluarga dapat bertugas mengatur pengeluaran, mulai dari dana operasional hingga cicilan, uang sekolah anak, liburan, bantuan sosial atau agama, hingga jajanan si kecil.   

'Bendahara' ini didorong untuk lebih kreatif dan hati-hati dalam hal ini, karena keberlangsungan keuangan tergantung dari pintarnya mengatur uang. Berikut cara cerdas mengelola keuangan yang bisa diterapkan ditengah wabah Covid-19:

Pahami penghasilan dan pengeluaran bulanan

Pertama, Anda harus mengetahui pendapatan Anda dan pasangan tiap bulannya? Jumlahkan dengan benar. kemudian, hitung juga berapa pengeluaran rutin termasuk biaya listrik, pulsa, air, belanja bulanan dan tagihan termasuk juga cicilan rumah, kendaraan atau kartu kredit. 

Anda akan mengetahui kisaran pengeluaran rumah tangga tiap bulannya. Pastikan pengeluaran Anda tidak lebih besar dari pemasukan. Kalau iya, Anda perlu beri perhatian lebih terhadap hal ini dan harus segera diatasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x