Mohon tunggu...
Fuad alharis123
Fuad alharis123 Mohon Tunggu... Mahasiswa - PGSD B

Mahasiswa PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bimbingan Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Guna Menumbuhkan Minat Belajar Anak Sekolah Dasar

16 Mei 2021   16:58 Diperbarui: 16 Mei 2021   17:06 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri
Pada  tahun  2020 tepatnya  pada  bulan  maret  yang  lalu  Indonesia  mengalami  musibah  yang  sangat  meresahkan  bagi  warga  Negara  Indonesia  yang  sampai  saat  ini  masih  belum  juga  berakhir. Pada  masa  pandemi  covid  19 ini  banyak  menimbulkan  dampak  yang  dirasakan  oleh  berbagai  kalangan  salah  satunya  adalah  pada  para  siswa  sekolah  dasar (SD). Para  siswa  tersebut   terpaksa  tidak  diperbolehkan  sekolah  dengan   bertemu  langsung  atau  tatap  muka  karena  adanya  pembatasan  tatap  muka  yang  dilakukan  disekolah  dalam  kegiatan  belajar  mengajar. Hal  tersebut  mengakibatkan  ketidakefektifan  pada  kegiatan  belajar  mengajar  disekolah. Sehingga  banyak  sekali  keluhan  yang  dirasakan  oleh  para  orang  tua  siswa  yaitu  mengeluh  dengan  adanya  kebijakan  baru  yang  dibuat  oleh  mentri  pendidikan  untuk  belajar  secara  online  dari   rumah  guna  untuk  membatasi  kegiatan  interaksi  langsung  yang  bisa  menularkan  covid  19.

Pada  pembelajaran  ini  khususnya  para  siswa  yang  berada  dibangku  sekolah  dasar (SD) terpaksa  untuk  mengikuti   kegiatan  belajar  mengajar  via  online  dari  rumah  masing-masing  dengan  menggunakan  handphone  maupun  laptop  untuk  melanjutkan  proses  kegiatan  belajar  mengajar  namun   kegiatan  belajar  mengajar  via  online  ini  muncul  berbagai  kendala  yaitu  pada  para  pelajar  yang  berasal  dari  keluarga  yang  menengah  kebawah  yang  tidak  mempunyai  handphone dan  keberatan  untuk  membeli  handphone  maupun  kuota  atau  yang  rumahnya  dipelosok  desa  yang  tidak  ada  jaringan  internet  maka  otomatis  akan  ketinggalan  pembelajaran  atau  tugas  yang  diberikan  melalui  whatsApp , dengan  ini  biasanya  sekolah  memberikan  kebijakan  dengan  memberikan  tugas  pada  kertas  sehingga  orang  tua  bisa  mengambil  tugas  tersebut  pada  hari  yang  ditentukan  sekolah  dan  harus  mematuhi   protokol  kesehatan . Peserta  didik  juga  sangat  terbebani  dengan  adanya  tugas yang  terus  menerus  tanpa  diterangkan  materi  materinya  dahulu  seperti  sebelum  adanya  covid  19  dengan  begitu  maka  para  pelajar  mau  tidak  mau  harus mempelajari  materi  tersebut. Para  siswa  tentunya   merasakan  belajar  via online  itu  membosankan  karena   setiap  harinya  menghadap  handphone  dan  berada  dirumah  saja  tidak  bertemu  dengan  teman –teman  yang  menyebabkan  minat  belajar  siswa  menjadi  menurun  atau  tidak  mempunyai  semangat  untuk  belajar  dan  mengakibatkan  banyak  siswa  yang  mengalami  penurunan  prestasinya.

Pada  permasalahan  yang  terjadi  diatas ,maka  saya  FUAD  AL  HARIS  (20218070) semester  2B  mahasiswa  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar(PGSD) Universitas  Muhammadiyah  Purworejo. Dengan  ini  maka  saya  mendapatkan  kesempatan  untuk  memanfaatkan  waktu  guna  memberikan  bimbingan  belajar  yang  diselenggarakan  dirumah  saya  yang  bertempat  tinggal  di Sumpet  rt 002/rw 003, desa  kepil,  kecamatan  Kepil ,kabupaten  Wonosobo  tanpa  dipungut  biaya  sedikitpun  khususnya  kepada   para  siswa  yang  berada  pada  sekitar  rumah  saya.Bimbingan  belajar  ini  saya  membuat  jadwal  untuk  para  siwa  sekolah  dasar(SD) yaitu  setaip  hari  sabtu  pukul  13.00-15.00,saya    mulai  pada  hari  sabtu  6  maret  2021.

Pada  awal  saya  mengajar  saya  memimpin  doa  terlebih  dahulu selanjutnya  menyanyikan  lagu  Indonesia  raya. Kemudian  saya  membuat  undian  dari  nomer  1-5 dikarenakan  siswa  yang  mengikuti  bimbel  diempat  saya  berbeda  beda  kelas. Pada  setiap  selesai  berdoa  dan  menyanyikan  lagu  Indonesia  raya  para  siswa  mengambil  undian  nomer  tersebut  barang  siapa  yang  mendapatkan  nomer  undi  1  maka  saya  akan  menerangkan  materi  yang  diberi  oleh  gurunya  terlebih  dahulu  dan  saya  suruh  mengerjakan  tugas  yang  diberikan  gurunya  sebisa-bisanya ,selanjutnya  saya   menerangkan  nomer  undi  2  begitu  seterusnya   sampai  nomer  undi  yang  terakhir  .Setelah  itu  saya  kembali  ke  nomer  undi  1  lagi  untuk  mengoreksi  tugas  yang  sudah  dikerjakan  apabila  ada  yang  salah  ataupun  belum  paham  maka  saya  sedikit  demi  sedikit  membantu  mengerjakan  tugas  yang  belum  bisa  tersebut  sampai  benar  benar  paham dan menguasai  materi  terebut  begitu  seterusnya  sampai  selesai  semua. Setelah  selesai  semuanya    saya  biasanya  memutarkan  video  sambil  menunggu  waktu  pulang,  untuk  merefresh  pikiran  para  siswa  sehingga   tidak  bosan  supaya  menambah  semangat  minat  belajar  anak.Saya  membimbing  belajar  anak –anak  dengan  ikhlas  tanpa  meminta  imbalan  apapun  dan  tidak  ada  keterpaksaan  dari  pihak  manapun .Saya  juga  sebisa  mungkin  membuat  nyaman  para  siswa  karena  dengan  nyaman   pasti  para  siswa  akan  menyukainya  .

Pada  bimbingan  belajar   saya  ini   bertujuan  untuk  mengembalikan  dan  meningkatkan  minat  belajar  para  siswa  dalam  keadaan  yang  banyak  kendala  untuk  kegiatan  belajar  mengajar  via  online  dikarenakan  adanya  pandemi  covid  19  ini.Dengan  adanya  kegiatan  bimbingan  belajar  ini  saya  bisa  menambah  semangat  belajar  para  siswa  dan  saya  juga  bisa  belajar  untuk  memahami  karakter  anak-anak  sekolah  dasar(SD)  sehingga  saya  beruntung  membuat  kegiatan  ini  kareana  saya  bisa  berlatih  mengajar  anak-anak  sekolah  dasar(SD) bilamana  saya  adalah  calon  guru  di  masa  depan.

Dengan  kegiatan  diatas  saya  bisa  menarik  kesimpulan  bahwa  untuk  menghadapi  anak-anak  sekolah  dasar(SD)  pada  masa  pandemi  covid  19  ini  kita  harus  pandai-pandai  memberi  pembelajaran  supaya  tidak  bosan  dan  tetap   semangat  minat  belajar  siswa  karena  siswa  pada  umur  sekolah  dasar(SD)  lagi  senang-senangnya  bermain  dengan  teman  sebayanya. Pendidikan  sangat  penting  bagi  siswa  sekolah  dasar(SD) untuk  didapatkannya. Oleh  karena  itu  kita  jangan  sampai  membiarkan  anak-anak  sekolah  dasar(SD)  tidak  belajar  dan  tidak  mendapatkan  pendidikan  karena  sejatinya  siswa  adalah  generasi   bangsa  yang  harus  kita  didik  supaya  bisa  menjadi  penerus  bangsa  kita  dimasa  depan.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun