Mohon tunggu...
Ahmad Fuad Afdhal
Ahmad Fuad Afdhal Mohon Tunggu... Ph.D.

Pengamat isu sosial

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pendekatan untuk Pasca-Otorisasi Keamanan Produk Obat

12 Agustus 2019   18:16 Diperbarui: 14 Agustus 2019   11:56 288 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagai ilmu pengetahuan terbaru dalam menghasilkan produk obat sama bagi setiap pasien, maka harus dipastikan bahwapendekatan-pendekatan yang dipakai dalam Pasca Otorisasi bagi keamanan produk obat adalah cocok. Pendekatan yangcocok akan menjadi petunjuk. Boleh jadi bisa menjadi copy-paste.

Akan halnya pendekatan yang banyak diminat, maka kecenderungan menjadilandasan atau basis. Dalam hal ini, dalam statistik dikenal Exposure Propensity Score. 

Secara harfiah, arti propensity adalah inklinasi atau kecenderungan. Teknik statistik kecenderungan ini adalah dengan memberikan skor padananTeknik ini jelasnya adalah untuk memperkirakan dampak pengobatan, kebajikanatau intervensilainnya dengan akuntansi untuk kovariat yang memprediksi menerima pengobatan.

Penjelasan dari kecenderungan misalnya pada para pasien yang menderitadiabetes. Maka yang dicari adalah obat anti-diabetes untuk mengobati penyakitnya.

Pasien diabetes yang rutin membeli obat resepnya akan memiliki karakteristiktertentu. Para pasien tersebut akan berbeda dengan mereka yang memakai antikoagulan yang diindikasikan untuk pencegahan stroke dalam atrial fibrilasi. Jelas ada overlapping di antara para penderita kedua penyakit ini yangmanaa ada penderita diabetes yang atrial fibrilasi dan sebaliknya. 

Kedua produkobat akan menghasilkan perbedaan pola pasiennya. Di sini karakteristikanya akanterkait dengan pemakaiannya obat. Epidemiologi dari kondisi akan memberikaninformasi dengan aspek-aspek lainnya dari karakteristik pasien dan informasitentang faktor relatif jumlah pasien yang bisa menjadi kandidat menerima produkmanapun dan tanggal tahunan yang merupakan perbandingan bisa dilaksanakan.   

Confounding Factor:

Sebagai suatu faktor atau variabel, kerap kala membingungkan pengaruhnya,sehingga mendapat julukan variabel membingungkan. Variabel ini merupakan pengaruhluar yang mana perubahan dampak variabel bebas dan variabel terikat. 

Pengaruh variabel ekstra ini adalah untuk memengaruhi luaran dari suatu ddesaineksperimental. Variabel semacam ini memang membingungkan karena bisamenghasilkan sesatu yang tidak bermanfaat.

Di luar indikasi dan indikasi subjenis penggunaan dari produk obatsemua data demografi klinis dan perbedaaan regional akan memengaruhi kandidatuntuk produk. 

Kumpulan variabel digunakan untuk menulis resep yang perbedaandan berbeda dari yang lain akan cenderung untuk prognostik dari luaranklinis yang sangat luas. Yang pasien akan alami, jadi perbedaan di antaraindikasi dari dua jenis produk obat dalam kaitannya dengan hasil variabel dalamconfounding.                                    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x