Mohon tunggu...
Ahmad Fuad Afdhal
Ahmad Fuad Afdhal Mohon Tunggu... Ph.D.

Pengamat isu sosial

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pengembangan Teknologi Pelayanan Kesehatan

13 Februari 2019   17:11 Diperbarui: 13 Februari 2019   17:25 432 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengembangan Teknologi Pelayanan Kesehatan
www.carahsoft.com

Pengembangan teknologi pelayanan kesehatan adalah suatu proses panjang, rumit, dan kompleks. Proses pengembangannya sendiri adalah merupakan interaksi dari berbagai kegiatan. 

Kegiatan ini mengikutsertakan para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Pengembangan teknologi pelayanan kesehatan juga mencakup riset dasar dan riset aplikasi. Walau begitu, pengembangan teknologi pelayanan kesehatan juga terkadang merupakan suatu kebetulan.

Teknologi atau teknologi yang merupakan perbaikan atas teknologi yang adam pada umumnya disebut sebagai pengembangan yang merupakan proses yang mencakup riset dasar, riset aplikasi, dan sasaran pengembangan. 

Riset dasar  tujuannya adalah untuk memahami kondisi alamiah dan pengetahuan yang akan berkembang. Ini adalah aktifitas berorientasi fenomena. Sedangkan riset aplikasi dianggap sebagai mengarah untuk memanipulasi atau mengontrol masalah. 

Perbedaan kedua jenis riset ini adalah bahwa ini merupakan kejutan. Sementara sasaran pengembangan teknologi baru diawali ketika pengetahuan berasal dari riset dasar dan riset aplikasi. Tidak cukup untuk mendukung upaya tersebut.

Dalam realitanya prosesnya sendiri jauh dari sistematis lebih kompleks dan dinamis dibandingkan implikasi model di atas. Pengembangan dalam beberapa tahap seringkali muncul secara simultan dan bukan merupakan sesuatu yang berurutan.

Teori inovasi menggarisbawahi perbedaan aspek dari proses studi menekankan pentingnya kondisi yang tepat , sementara ada yang menekankan karakteristika dari inovator baik individu atau organisasi , dan ada juga yang  mengarah kepada pengaruh faktor kebetulan.

Uji coba dan kesalahan merupakan bagian dari proses yang bisa terjadi. Umumnya penting sekali untuk mengenal kepastian dan variabilitas yang merupakan dua karakteristika penting dari proses  perubahan teknologi.

Prosedur:

Prosedur pengembangan teknologi merupakan kompleks dan merupakan beberapa aktifitas dari riset dan pengembangan. Arah dari semua aktifitas riset dan pengembangan dari teknologi pelayanan kesehatan adalah ke prosedur klinis terhadap manusia. Salah satu contoh adalah transplantasi ginjal pada hewan berlangsung tidak kurang dari 50 tahun sebelum bisa melakukan prosedur klinis terhadap manusia. 

Pengembangan teknik transplantasi sebagian  besar pengetahuan berasal dari eksperimen  empiris dan eksperimen klinis. Pengembangan dari teknik ini akang sangat tergantung kepada ketrampilan dan kreativitas para dokter dan ribuan inkremental perubahan dalam praktek medis yang terdifusi tanpa cara yang dipelajari melainkan sepenuhnya pengalaman. Dalam konteks ini terjadi evolusi dan proses yang mencakup risiko dan manfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x