Mohon tunggu...
fuad al hakim
fuad al hakim Mohon Tunggu... Freelance Content Writer

Freelance Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bela Negara Bukan Wajib Militer?

17 Januari 2021   17:18 Diperbarui: 17 Januari 2021   18:30 106 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bela Negara Bukan Wajib Militer?
Foto oleh Dio Hasbi Saniskoro dari Pexels 

Bela negara itu yang baris-baris di panasan itu kan?? yang dibentak-bentak?? yang harus seragam semuanya?? BELA NEGARA itu WAJIB MILITER kan??

STOP!! Jangan Diterusin!!

Karena itu pemahaman yang salah tentang bela negara. Yaa!! pemikiran-pemikiran yang disebutkan di atas adalah beberapa contoh penafsiran yang salah mengenai program bela negara yang merupakan salah satu program prioritas yang digagas oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.

Statement yang tertera pada judul artikel ini diperkuat langsung oleh pernyataan yang disampaikan mantan Menteri Pertahanan, Ryamizad Ryacudu seperti dilansir dari kemhan.go.id “Menteri Pertahanan menegaskan kembali bahwa program Bela Negara yang merupakan program prioritas Kementerian Pertahanan bukanlah wajib militer, namun dimaksudkan untuk membetuk karakter dan kepribadian bangsa Indonesia sehingga dapat mengaktualisasikan diri dan hatinya untuk membela negara.”

Goals yang diharapkan dari adanya program bela negara ini adalah bagaimana menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa Indonesia. Ketika rasa cinta akan bangsa telah muncul, maka seorang warga negara siap berkorban untuk bangsa dan negaranya.

Rasa cinta terhadap bangsa tidak bisa muncul semudah menjentikkan jari, lalu bagaimana cara menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia??

3 Tips Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Bangsa

1. Traveling Keliling Indonesia

Foto oleh Marc Peeters dari Pexels 
Foto oleh Marc Peeters dari Pexels 

Memangnya traveling bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa??

Jawabannya IYA! Dengan traveling kita dapat mengenal Indonesia dengan lebih nyata dan dekat. 

Seperti kata Soe Hok Gie, “Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat.”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN