Mohon tunggu...
Febtria Tegar Boyrusbianto
Febtria Tegar Boyrusbianto Mohon Tunggu... Besok Lebih Baik!

Seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dalam kondisi pandemi yang membatasi ruang gerak sosial dan privasi.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Lawan Corona dengan Cuci Tangan yang Baik dan Benar di Desa Sigit, Tangen, Sragen

5 Juli 2020   09:49 Diperbarui: 5 Juli 2020   09:59 3 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 memang sangat berdampak sangat cepat terhadap semua bidang, termasuk ekonomi serta sosial budaya sehingga banyak masyarakat yang kurang paham akan virus baru ini. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap seluk beluk covid-19 merupakan salah satu faktor yang dapat memperluas penyebaran covid-19 di Indonesia. 

Sebagai salah satu universitas negeri yang berada di kota Surakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS), pada tanggal 1 Mei 2020 menerjunkan ribuan mahasiswa yang siap mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tajuk Relawan UNS Tanggap Covid-19. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 khususnya di Indonesia. KKN dilaksanakan secara individu di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa yang diterjunkan sebagai relawan

Salah satu lokasi yang dijadikan tempat KKN adalah Desa Sigit, Rt.01A, Tangen, Sragen. KKN dengan tema besar kesehatan masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman serta sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran covid-19 yang dapat dilakukan secara mandiri. Kegiatan tersebut dilakukan dengan metode daring melalui grup whatsaap warga dan karang taruna RT.01. 

Penggunaan metode ini juga merupakan salah satu bentuk support terhadap gerakan work from home, yang mana kegiatan dapat dilakukan dari rumah masing-masing. 

Dengan adanya kegiatan KKN Covid-19 ini diharapkan warga masyarakat desa Sigit RT.01dapat mengetahui seluk-beluk covid-19 dengan baik yang meliputi: perkembangan terkini kasus covid-19 yang terjadi, serta dapat melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 seperti selalu mencuci tangan dengan baik dan benar, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, melakukan social distancing dan stay at home, serta pemakaian masker ketika keluar keluar rumah. Kegiatan ini juga dilakukan bersama dengan pemuda karang taruna RT.01 desa Sigit, yang berperan aktif dalam menyebar luaskan informasi yang diperoleh terkait pencegahan covid-19 dilingkungan keluarga hingga warga sekitar rumah masing-masing.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x