Mohon tunggu...
Frysca Virnanda Retikasari
Frysca Virnanda Retikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD

Menulis menjadi tempat saya untuk mengisi waktu luang dan menceritakan hal-hal menarik di hidup saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Guru yang Baik dan Bersahabat dengan Siswa Sekolah Dasar

23 Oktober 2022   06:21 Diperbarui: 23 Oktober 2022   08:20 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menjadi seorang pendidik bukan lah hal yang mudah, apalagi di kalangan anak sekolah dasar. Kita sebagai guru harus bisa memahami bagaimana siswa kita berinteraksi? bagaimana siswa kita bisa memahami apa yang kita sampaikan? apakah perkembangan dia secara fisik maupun mentalnya berjalan dengan baik?

Karena di sekolah kita tidak hanya menjadi seorang guru, namun juga sebagai orang tua dan sahabat untuk siswa kita sehingga mereka bisa merasa nyaman ketika berada di dekat kita.

Karakteristik anak usia 7-9 tahun atau bisa di sebut anak SD kelas 1-3 adalah senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, serta senang merasakan/ melakukan sesuatu secara langsung atau bisa kita sebut mereka senang bereksplorasi dengan apapun yang ada di sekitar mereka.

Namun beerbeda dengan anak kelas 1-3, pada saat anak menginjak usia 4-6 mereka sudah mulai ingin tahu hal-hal baru namun tidak dengan bermain-main, lebih berfikir secara kritis dan beranggapan bahwa dia bukan anak-anak lagi. Mereka cenderung lebih teliti dalam melakukan sesuatu, mereka sudah mulai mengerti apa yang mereka lakukan benar atau salah.

Lalu bagaimana cara kita sebagai guru bisa mengerti apa saja perkembangan yang terjadi pada anak didik kita? apakah sudah berjalan dengan baik?


Kita sebagai seorang guru harus mampu menjadi orang yang membuat mereka merasa nyaman dan senang jika berada dekat dengan kita, sehingga kita bisa mengetahui perkembangan dari siswa tersebut, adapun cara nya:
1. Memberikan pembelajaran yang kreatif.
2. Memberikan kasih sayang penuh pada saat mengajar.
3. Mengajak siswa kita bercerita tentang diri mereka, supaya bisa melatih keberanian mereka untuk berbicara.
4. Tidak memarahi siswa secara berlebihan.
5. Tidak membandingkan siswa satu dengan yang lain.

Dengan sebagian cara-cara di atas kita bisa membuat siswa kita merasa bahwa kita mau dekat dengan mereka dan mereka akan merasa nyaman, sehingga mereka bisa percaya kepada kita untuk menceritakan tentang diri nya secara intens pada kita. 

Nah kemudian tugas kita adalah memahami apa yang mereka kata kan dan apa yang mereka lakukan, serta mencari tahu bagaimana cara untuk menanggapi hal-hal yang mereka lakukan.

Seiring berjalannya waktu jika kita bisa dekat dengan siswa maka kita bisa dengan mudah mengontrol perkembangan dari siswa tersebut.

Oleh karena itu ketika kita masih dalam masa Pendidikan Guru Sekolah Dasar kita harus selalu memperhatikan materi-materi yang di ajarkan supaya ketika kita sudah di hadapkan praktek mengajar bisa menerapkan semua ilmu yang kita peroleh dengan baik.

Nama : Frsyca Virnanda Retikasari

Kelas : 1B / PGSD

Nim : 4130022010

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun