Mohon tunggu...
Frysca Virnanda Retikasari
Frysca Virnanda Retikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD

Menulis menjadi tempat saya untuk mengisi waktu luang dan menceritakan hal-hal menarik di hidup saya.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Bisakah Seorang Anak Pedagang Sayur Bekuliah?

16 Oktober 2022   12:53 Diperbarui: 16 Oktober 2022   13:02 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pendidikan adalah hal yang sangat penting yang harus kita dapatkan, namun banyak orang yang harus berjuang lebih keras hanya untuk memperoleh pendidikan. Di sebuah desa yang terletak cukup dekat dengan perkotaan hidup seorang anak perempuan bernama Frysca Virnanda R yang terlahir di keluarga yang kurang beruntung jika di lihat secara finansial, ayah nya hanya seorang penjual sayur dan ibu nya hanya seorang ibu rumah tangga.

Menjadi seorang guru atau pendidik adalah cita-cita besar yang dia miliki, karena menurut dia seorang guru sangat berperan penting untuk kehidupan dan kemajuan Indonesia kedepannya. Namun dia sadar terlahir dari keluarga yang kurang beruntung dalam bidang ekonomi tidak lah mudah untuk bisa mencapai cita-cita nya, dia harus berjuang lebih keras dengan belajar lebih giat, bekerja untuk biaya tambahan, menyisihkan waktu juga untuk membantu orangtuanya berjualan. Sampai suatu ketika dia mendapatkan info tentang sebuah program beasiswa OSC, sebuah program beasiswa yang di selenggarakan Surya Edukasi Bangsa dan Medcom.id untuk membantu putra putri Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak. Setelah dia mengetahui tentang informasi beasiswa itu dia segera mendaftar dan mencari tau bagaimana cara dia bisa lolos seleksi-seleksi yang ada di program Beasiswa OSC.

Begitu banyak tahapan-tahapan yang dia lalui, mulai dari Online Test, seleksi berkas, sampai pada akhirnya dia berhasil melewati seleksi wawancara, dan dia menjadi salah satu bagian dari penerima beasiswa OSC 2021 tepat nya di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. 

"Saya sangat berterimakasih kepada OSC dan juga UNUSA yang sudah membantu anak saya dengan memberikan beasiswa sehingga anak saya bisa merasakan perkuliahan, saya juga sangat bangga bisa memiliki anak seperti Frysca yang memiliki semangat tinggi untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak" ujar ibu dari Frysca

"Biaya perkuliahan itu sangat besar saya tidak tau apakah bisa membiayai anak saya sampai dengan lulus menjadi sarjana, namun satu hal yang saya yakini bahwa semangat anak saya yang sangat tinggi membuat saya percaya dan yakin bahwa anak saya bisa kuliah, dan Alhamdulillah anak saya berkesempatan mendapatkan program beasiswa, saya sangat senang dan bersyukur akan hal itu" ujar ayah dari Frysca

Pada kenyataannya memang semua hal bisa kita dapatkan walaupun kita harus bekerja lebih keras, harus berdoa lebih banyak, dan terus berjuang tiada henti, namun hasil yang kita dapatkan dari semua perjuangan itu yang akanenjadi bayaran dan membuat kita merasakan sebuah kebahagiaan. Seperti pepatah mengatakan "Usaha tidak akan menghianati hasil". 

Pelajaran yang bisa kita ambil, semua bisa menjadi siapa pun tergantung bagaimana cara kita membawa diri kita, kesuksesan tidak di ukur dari mana kita berasal namun seberapa besar perjuangan yang kita berikan, jatuh tidak menjadi masalah karena sebuah kegagalan akan membuat kita merasa lebih kuat untuk kedepannya.

Nama : Frysca Virnanda Retikasari

Nim : 4130022010

Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Tugas UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun