Energi

Tiga Negara dengan Reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Terbanyak di Dunia

5 Maret 2018   00:09 Diperbarui: 5 Maret 2018   00:12 431 1 0

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah sebuah pembangkit daya thermal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklirsebagai sumber panasnya. PLTN memasok 11% dari seluruh pasokan listrik didunia. 

Ada lebih kurang 450 reaktor PLTN di dunia. Indonesia sendiri masih belum menggunakan nuklir sebagai pembangkit listrik. Hal ini dikarenakan masih banyaknya kekhawatiran masyarakat terhadap keamanan dari nuklir itu sendiri. Sedangkan Negara- negara maju banyak yang menggunakan Nuklir sebagai pembangkit listrikya, dan Inilah 3 negara dengan pengguna PLTN terbanyak didunia


1. Amerika Serikat (104 PLTN)

Amerika serikat sebagai negara adidaya memanfaatkan nuklir sebagai pembangkit Listriknya. Amerika serikat merupakan negara terbanyak yang menggunakan Nuklir sebagai pembangkit listriknya, jauh melampui negara negara lain.

2. Perancis (59 PLTN)

Di urutan kedua ada di negara Eropa, yaitu Perancis. Negara Perancis merupakan pengguna PLTN terbanyak kedua setelah Amerika Serikat Yaitu dengan 59 PLTN. Perancis dipaksa memiliki banyak reaktor nuklir karena, negara ini tidak memiliki sumber daya energi yang berupa minyak, sebagai sumber energi negara tersebut.

3. jepang (55 PLTN)

Jepang merupakan negara ketiga terbanyak yang menggunakan reaktor PLTN. Pemerintah Jepang menilai reaktor PLTN merupakan pembangkit listrik yang paling strategis didaerah Jepang.