Mohon tunggu...
Fronika Simarmata
Fronika Simarmata Mohon Tunggu... Pendidik di SDN 175781 Saitnihuta

Lulusan dari Universitas Negeri Medan Tahun 2013

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Berlibur di Ladang Yuk!

29 Oktober 2020   21:55 Diperbarui: 29 Oktober 2020   22:01 91 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berlibur di Ladang Yuk!
Dokumen Pribadi Fronika Simarmata

Siapa sih yang tidak suka liburan?

Saya yakin setiap anak bahkan orang dewasa menantikan hari libur.

Di akhir Oktober ini kita punya libur panjang selama 3 hari yaitu tanggal 28 hingga 30 Oktober 2020. Tentunya menyenangkan bukan? Saya sangat tertarik dengan topik pilihan kompasiana saat ini. 

Sebab banyak orang termasuk saya begitu menanti-nantikan hari libur. Bukan berarti saya malas bekerja. Karena bagi saya dengan berhenti sejenak dari rutinitas harian, akan merefreshkan kembali pikiran dan bahkan menstimulus semangat untuk menyusun rencana kerja yang lebih luar biasa lagi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 sebagai seorang guru harus terus mengembangkan kreativitas dalam mengefektifkan  BDR (Belajar Dari Rumah) terhadap peserta didik.

Dari kebanyakan yang saya lihat pada masyarakat perkotaan, yang namanya liburan ketika mengunjungi tempat-tempat umum tertentu. 

Misalnya Mall untuk berbelanja sepuasnya, pantai ataupun kolam renang untuk mandi-mandi, wahana-wahana permainan yang begitu menyenangkan atau bahkan ada juga yang memilih untuk stay di rumah untuk bermain game bagi anak-anak maupun mengolah makanan bagi orang dewasa. Ada banyak cara bagi setiap orang orang menikmati liburannya. 

Beda halnya dengan keluarga besar kami. Kebetulan kami memang tinggal di pedesaan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara. Kami tinggal di daerah pegunungan yang sebagian besar bermatapencaharian dengan cara bertani. 

Sekalipun kami memiliki profesi sebagai guru, namun kami tidak terlepas juga dari kehidupan bertani. Sehingga  dalam menikmati sebagian waktu libur kami, kami memilih untuk menikmatinya di ladang/kebibun. Ada beberapa alasan mengapa kami memilih menghabiskan liburan di ladang.

Pertama, secara kesehatan pemandangan hijau dapat membuat lensa dan kornea mata bekerja santai. ini karena secara psikologis, warna hijau pada alam dapat memberikan respon alami pada otak, hingga memberikan efek ketenangan pada otak.

Kedua, anak-anak terhindar dari yang namanya gadget. Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya wabah covid-19 anak-anak mau tidak mau harus bersentuhan langsung dengan gadget lebih kurang 6 jam per hari untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah. 

Dengan membawa anak-anak berlibu ke ladang, maka mereka akan terlepas sebentar dari androidnya. Karena secara kesehatan itu juga sangat berdampak negatif pada anak-anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN