Mohon tunggu...
Eko Andreas
Eko Andreas Mohon Tunggu... Desainer - @frogroxx | Desainer Grafis

Membantu memaksimalkan Smartphone dalam perihal kebutuhan desain grafis yang menarik dan profesional.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Indonesia Geopark Youth Forum: Kolaborasi Pemuda dengan Pemerintah dalam Melestarikan Taman Bumi

26 Oktober 2021   14:44 Diperbarui: 26 Oktober 2021   14:52 193 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.bappenas.go.id/id/

Bappenas; Melalui pembentukan Indonesia Geopark Youth Forum, diharapkan menjadi wadah para pemuda untuk menjadi aktor perubahan untuk kerangka kerja strategis UNESCO Global Geopark 2021-2025 dan Rencana Aksi Nasional (RAN) dalam Pengembangan Taman Bumi (Geopark) 2021-2025.

Secara konsep pengertian Geopark atau Taman Bumi adalah kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka yang memiliki 3 unsur Geo-Diversity, Bio-Diversiy dan Culture-Diversity. Tujuan Geopark dikembangkan, bukan hanya sekedar melindungi warisan geologi. Menurut GGN UNESCO (2004), tujuan Geopark adalah mengambil manfaat, menggali, menghargai dan mengembangkan warisan geologi tersebut seperti halnya Pelestarian Bioma. Dimana peran masyarakat setempat harus berperan serta melindungi warisan alam tersebut.

UNESCO sendiri memberikan penghargaan khusus bagi beberapa geopark terbaik di seluruh dunia dengan gelar UNESCO Global Geoparks (UGG). Saat ini ada 6 geopark di Indonesia yang telah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geoparks, di mana sajakah itu?

  • Geopark Batur - Bali
  • Geopark Gunung Sewu -- Jawa Tengah & Jawa Timur
  • Geopark Ciletuh - Jawa Barat
  • Geopark Rinjani - NTB
  • Geopark Toba - Sumatera Utara
  • Geopark Belitong - Bangka Belitung

Serta ada 15 Geopark berstatus nasional dan ratusan potensi warisan geologi di nusantara.

Hal inilah yang patut kita banggakan, karena Geopark Indonesia masuk dalam peringkat ke-8 terbanyak dari 44 negara yang terdaftar, sedangkan untuk peringkat pertama dimiliki oleh Negara China dengan memiliki 41 Unesco Global Geopark.

Pemerintah Indonesia berharap, melalui pelestarian Geopark dimana kolaborasi antara Pemuda dengan Pemerintah dapat mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan, yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. 

Karena pengembangan dan pelestarian Geopark berkontribusi dalam 11 poin penting dari 17 poin yang terdapat pada SDGs 2030.

https://www.bappenas.go.id/id/
https://www.bappenas.go.id/id/

Indonesia Geopark Youth Forum

Dengan melalui forum kepemudaan yang didukung langsung oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah,

dibentuklah masing-masing forum  di setiap wilayah Geopark yang ada di Indonesia. Dan jika sudah terbentuk, masing-masing forum yang mewakili wilayah Geoparknya akan mencari Pemuda-Pemudi setempat untuk diajak bergabung dalam setiap program yang tersedia.

Salah satu agenda rutin yang akan forum ini lakukan adalah mengadakan Education Camping Series di sekitar wilayah Geopark, dimana kegiatan ini mengajak Pemuda-Pemudi untuk beraksi secara langsung dan harapannya akan berkontribusi berkelanjutan ke depan terhadap Geopark itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan