Mohon tunggu...
Friska Amelia Putri Bakara
Friska Amelia Putri Bakara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dengan hobi menulis, membaca dan melukis

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Sukses Kuliah Sambil Berbisnis dan Berorganisasi, Kenapa Tidak?

13 Juni 2022   20:14 Diperbarui: 13 Juni 2022   22:52 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar Kuliah Online, Sumber Freepik

Pada zaman modern yang serba digital seperti saat ini, membuat banyak dari kalangan mahasiswa berminat membuka usaha atau bahkan ada beberapa yang sudah menjalankan bisnisnya sambil kuliah. Beberapa mahasiswa mungkin berpikir jika berkuliah dan berbisnis dapat dijalankan dengan mudah karena bisnisnya juga bersifat sampingan atau bisa diukur oleh skala prioritas dari tugas kuliah lainnya.

Seperti yang saat ini saya jalani, saya adalah mahasiswa yang memiliki bisnis pribadi dalam ranah pendidikan dan mengikuti organisasi yakni Himpunan Mahasiswa. Bisnis pribadi yang saya mulai sejak awal semester 1 yakni 6 September 2021 adalah bisnis bimbingan belajar offline untuk teman-teman SD dan SMP. 

Awal memulai bisnis ini terasa lancar, karena saat itu murid saya masih sedikit dan kuliah semester 1 juga masih dalam keadaan online. Jadi saat itu saya dapat menjalankan keduanya secara bersamaan di ssetiap waktu dan dengan menggunakan sistem kerja skala prioritas.

Setelah beberapa bulan kemudian, saya mulai merasa ada sedikit kendala saat bisnis tersebut mulai ramai dengan banyaknya murid yang mendaftar dari berbagai sekolah dan tingkatan kelasnya. Hal tersebut membuat saya harus dapat membagi waktu yang cukup lumayan agar dapat mengajar 

pada jam yang berbeda dan juga waktu untuk menjadi mahasiswa pada umumnya, namun saat kuliah saya tetap berusaha untuk fokus walaupun terkadang saat itu saya sedikit terkejut saat ada deadline tugas yang mepet dengan jadwal saya mengajar.

Saat itulah saya berpikir untuk membuat rencana agar lebih efektif dalam membagi waktu untuk menjadi mahasiswa dan berbisnis agar keduanya dapat berjalan lebih baik. Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat skala prioritas dari tugas-tugas kuliah saya dengan jadwal saat saya mengajar, 

kedua saya juga memberikan waktu luang saat libur mengajar untuk bersosialisasi dan bergaul dengan teman sekitar dan berbincang dengan keluarga. Setelah menerapkan kedua hal tersebut dalam berkuliah dan berbisnis, saya dapat menjalankan keduanya secara efektif dan sejalan. Sampai saat ini bisnis yang saya tekuni dalam ranah pendidikan, masih tetap terus berjalan dengan semakin banyak juga murid yang mendaftarkan diri untuk bisa belajar bersama dengan saya.

Saya berprinsip bahwa skala prioritas utama saat ini adalah berkuliah, namun disisi lain dalam hal bisnis ini saya juga tetap berusaha menjadikannya sebagai prioritas kedua dalam hidup saya karena kedepannya saya berharap dapat memiliki organisasi dalam ranah pendidikan dengan membantu memberikan biaya pendidikan bagi teman-teman yang membutuhkan.

Prioritas ketiga adalah berorganisasi, sebagai seorang mahasiswa tentunya tidak terlepas dari organisasi yang diikuti. Seperti yang saya jalani saat ini selain berkuliah, berbisnis saya juga mengikuti salah satu organisasi himpunan mahasiswa di kampus tercinta. 

Menurut saya organisasi adalah pelengkap dari semua kegiatan yang dijalani saat berkuliah. Bagi saya kuliah, bisnis, dan organisasi yang saya jalani saat ini berjalan dengan lancar dan efektif dengan adanya skala prioritas dan juga timeline prioritas pribadi dengan begitu kuliah, bisnis dan organisasi dapat berjalan dengan sukses.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun