Mohon tunggu...
SUYADIHS
SUYADIHS Mohon Tunggu... Fungsikan Payung Hukum

Tegakkan Hukum Meskipun Gunung2 Mau Terbang Dan Qiyamat Hampir Datang

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Hakim Bisa Berperan Judge Made Law

27 Desember 2020   21:53 Diperbarui: 27 Desember 2020   22:09 127 0 0 Mohon Tunggu...

HAKIM  BISA BERPERAN SEBAGAI  JUDGE MADE LAW

Pendahuluan

Rasanya kurang  enak sebagai aparat peradilan  khususnya hakim, jika di bilang  peran  hakim sebagai corong undang-undang, yang kita kenal (la bauche de la loi).  Corong  konotasinya benda mati, yang tak mempunyai akal hanya sebagai alat menyuarakan apa yang dimaksud pihak yang bersuara itu.

Padahal hakim (judge)keberadaanya tidak ujug-ujug (tiba-tiba) menyandang jabatan hakim begitu saja. namun seorang hakim adalah sosok yang telah tersaring dari beberapa orang yang telah melalui berbagai proses.

Tugas pokok hakim adalah menegakkan keadilan dan kebenaran, menghukum kepada yang salah sesuai dengan aturan yang ada, membebaskan pihak perkara yang diduga salah jika ternyata tidak salah.

Profesi hakim tidak sembarang bekerja begitu saja, namun dalam menjalankan profesinya, terikat dengan Undang-Undang (UU), antara lain UU. No. 14 tahun 1970 tentang Ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman, yang telah mengalami beberapa perubahan dan pembaharuan, dengan perubahan yang mutakhir UU tersebut adalah berupa UU. No. 48  Tahun 2009. Hakim harus menguasai segala paraturan hukum atau paling tidak memahami HIR,RBg KUHPerdata, KUHpidana, Hukum Islam, Hukum Adat dan masih banyak lagi.

Menurut UUD 1945 amandemen ketiga pada Pasal24  (1) bahwa kekuasaan Kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna meneggakkan hukum dan kedadilan .

Bahwa kemandirian kekuasaan Kehakiman, tidaklah berada dalam ruang hampa tetapi ia dibatasi oleh rambu-rambu berikut :

- Akuntabilitas

- Integritas moral dan etika

- Transparansi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN