Mohon tunggu...
Politik

Dicari: Pasangan Ideal untuk Jokowi

6 Juli 2018   20:33 Diperbarui: 6 Juli 2018   20:44 0 15 13 Mohon Tunggu...
Dicari: Pasangan Ideal untuk Jokowi
https://www.instagram.com/akunketansusu/

Nama Jokowi sebagai capres pada perhelatan Pilpres 2019 memang masih menjadi kandidat yang paling kuat saat ini. Hal tersebut pun dibuktikan lewat berbagai macam survei, dengan tingkat elektabilitas hampir 50 persen. Sebagai petahana, Jokowi juga telah mendapatkan tiket untuk kembali maju sebagai capres. Namun masih ada satu lagi pekerjaan rumah yang belum rampung, yaitu mencari siapa pasangan ideal Jokowi?

Ada banyak nama yang dianggap pas mendampingi Jokowi. Mulai dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Cak Imin, hingga merujuk kepada Mahfud MD yang merupakan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi. Selain kedua nama tersebut, sosok Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga patut diperhitungkan. Serta ada satu nama lagi yang dianggap sebagai kekuatan seimbang jokowi, yaitu sang Kepala Stafnya, Moeldoko.

Sosok yang disebut terakhir ini cukup menarik karena merupakan satu-satunya cawapres yang memiliki latar belakang militer (hankam), terlebih pernah menduduki puncak karir tertinggi sebagai Panglima TNI. Saat ini, Moeldoko tengah mengemban tugas sebagai Kepala Staf Presiden di dalam lingkungan istana. Lalu jika kita dapat berandai-andai terkait cawapres pendamping Jokowi, kira-kira seperti apa Indonesia di bawah kepemimpinan masing-masing pasangan berikut:

Jokowi -- Moeldoko

Merupakan perpaduan pasangan SIPIL -- MILITER yang dianggap paling sesuai dengan kondisi bangsa beberapa waktu terakhir. Pasangan ini diyakini mampu membawa angin segar perubahan untuk Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa masalah-masalah seperti penegakan hukum sampai isu stabilitas keamanan nasional masih merupakan hal krusial di negara ini.

Kehadiran Moeldoko sang Doktor Administrasi Negara yang kental dengan latar belakang militer dianggap berpengalaman dalam urusan Satu Komando mengamankan jalannya roda pemerintahan. Belum lagi kepeduliannya terhadap nasib petani yang disuarakan lewat organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), melalui serangkaian program-program inovasi teknologi modern dalam bertani, dianggap mampu membawa Indonesia kembali menjadi negara agraria nomor satu di kawasan Asia.

Jokowi -- Mahfud MD

Siapa tidak kenal dengan Profesor Hukum yang satu ini? Namanya bahkan bukan kali ini saja masuk ke dalam bursa capres/cawapres. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut dikenal memiliki kepedulian terhadap permasalahan landasan payung hukum di Indonesia yang kerap kali 'bertabrakan' dengan laju pembangunan pemerintah. Merupakan sebuah permasalahan yang cukup serius di negara ini.

Nah, duet pasangan SIPIL -- SIPIL ini dianggap sebagai formula yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Diyakini juga sosoknya yang tidak hanya sebagai politisi namun juga ilmuwan, mampu membawa pembangunan Indonesia melaju kian pesat. Terlebih juga basis dukungan suara Nahdlatul Ulama (NU) yang diyakini akan merapat kepada dirinya, tentu akan berdampak pada nilai lebih perhitungan suara pada Pilpres 2019 mendatang.

Jokowi -- Muhaimin Iskandar

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab di panggil Cak Imin, mungkin menjadi satu-satunya figur yang berani mendeklarasikan dirinya sebagai cawapres pendamping Jokowi. Di saat banyak figur lain yang masih 'malu', politikus bergelar Master di bidang Ilmu Komunikasi ini justru memakai strategi komunikasi yang berbeda, yaitu dengan terlebih dahulu menjual 'dirinya' dihadapan publik sebagai sosok cawapres.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN