Frida Santika
Frida Santika Author

Saat semua orang menghampiri pemenang tetapi kamu datang padaku yang kalah, sebenarnya akulah sang pemenang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Wisata Petualang di Kota Semarang

17 Juli 2017   10:37 Diperbarui: 17 Juli 2017   10:52 86 1 1
Wisata Petualang di Kota Semarang
Sumber: Air Asia.com

Memiliki hobby travelling tentu sangat menyenangkan  selain menambah wawasan kita juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang baru. Kali ini saya akan mengajak anda travelling di kota Semarang, kenapa memilih kota semarang? Karena kota semarang juga tak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia, di Kota semarang banyak terdapat wisata yang berbau budaya. Tidak ada salahnya kota Semarang menjadi daftar list petualangan kamu.  Budget yang perlu disediakan untuk mengexplore semarang juga terjangkau.

Jika kita mulai keberangkatannya dari jakarta maka budget yang yang dibutuhkan sebagai berikut. Stasiun senen-semarang (Tawang)  Rp.120.000 berarti kalau pp Rp. 240.000. biaya penginapan bisa kamu search di google bisa di situ pegi-pegi atau gak trivago., harga penawaran lumayan terjangkau satu kamar bisa di isi 2 orang tamu, harga penginapan 120.000 kalau kalian berangkat berdua tinggal di bagi.  Untuk biaya makan tergantung kamu mau makan apa, kalau kamu suka makan soto, coba cari Soto Bangkong Semarang Cuma Rp. 9.000/pori. Atau misal kita ambil range harga makanmu 12.000/porsi x 3= RP.36.000. 

biaya transportasi selama di semarang kamu bisa menggunakan BRT Trans Semarang ongkosnya Rp. 3.500. jadi misalkan biaya transportasimu Rp.75.000. untuk mengunjungi wisata kota Semarang cukup 2 hari 1 malam.  Jadi akumulasi budget mu sebagai berikut (tiket pp Rp.240.000 + Rp.72.000 + Rp. 75.000 + Rp.60.000 = Rp. 447.000).saya sarankan berangkat dari Jakarta malam hari agar tiba di semarang pada pagi hari dan langsung bisa explore semarang,

  • Lawang Sewu. Mendengar kata lawang sewu kita akan terpikir dengan kata seribu pintu, sebenarnya pintunya tidak sampai 1000 perkiraan saya sich begitu., belum pernah saya hitung,, hehehee.., tapi memang lawang sewu ini memiliki banyak pintu dan jendela., sepanjang koridor ini kita akan di suguhi pemandangan berupa pintu dan jendela yang tebuka lebar, lawang sewu ini juga merupakan museum kereta api. Didalam lawang sewu kita bisa belajar tentang sejarah perkeretaapian Indonesia. Bangunan lawang sewu tidak kalah dengan bangunan-bangunan di negara Eropa, yakin nich tidak kalah dengan bangunan eropa?. Tentu saja karena bangunan lawang sewu unik tidak akan kamu temukan di Eropa., he he he.., berpetualang di lawang sewu membuat kamu seolah-olah berada di Indonesia jaman dulu.
    Sumber: Wisata Kota
    Sumber: Wisata Kota
  • Sam Poo Kong. Sam poo kong merupakan  bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok Beragama islam yang bernama Zheng He.  Bangunan inti dari klengteng ini adalah  gua batu yang merupakan tempat utama dari lokasi ini. di dalamnya terdapat patung yang dipercaya sebagai patung Sam Poo Tay Dijen. Klenteng ini terkenal sampai ke mancanegara dan sudah ditetapkann pemerintah Tiongkok sebagai tujuan wisata bagi pelancong asal Tiongkok. Kalau pemerintah Tiongkok jauh-jauh datang ke Indonesia untuk melihat klenteng ini kita warga negara juga jangan mau ketinggalan ya.., Melihat sam poo kong kita seperti sedang berada di daratan Cina.. heheheeh...  kalau kamu jago di dunia fotografi ambillah spot-spot yang menghasilkan foto-foto bahwa kamu sedang berada di negara china.
    Sumber: Dok Pribadi
    Sumber: Dok Pribadi
    Sumber:Wisata Kota.com
    Sumber:Wisata Kota.com
  • Masjid Agung Jawa Tengah.Saya mengajak anda mengunjungi Masjid Agung karena masjid ini memiliki museum perkembangan Islam di Jawa Tengah selain itu Mesjid ini  memilikiikon payung raksasa yang diadopsi dari  Masjidil Haram Madinah. Saat ini mesjid lain yang menggunakan payung adalah Aceh. Payung ini dibuka setiap shalad Jumat, Sabtu dan Minggu dsn setiap ada acara besar. Nah.., buat kamu yang ingin melihat kemegahan dari Masjid ini silahkan berkunjung ke daerah ini.
    Sumber: Coretan Petualang.
    Sumber: Coretan Petualang.
  • Pagoda Buddhagaya Watugong. Vihara ini di resmikan tahun 2006 dan telah mendapatkan sertifikat MURI sebagai museum tertinggi di Indonesia. Pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwam Sie Im Po Sat yang oleh orang Buddha di percaya sebagai dewa Kasih sayang. Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong yang mempunyai luas 2.25 hektar ini terdiri dari 5 bangunan utama yaitu pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Selain itu terdapat pula monumen Watugong,  patung Dewi Kwan Im, patung Buddha di bawah Pohon Bodhi yang ditanam oleh Bhante Naradha  Mahathera pada tahun 1955 terdapat di pelataran Vihara.
    Sumber: Wisata Kota.wordpres
    Sumber: Wisata Kota.wordpres
  • Kota Lama Semarang.  Kota tua semarang adalah bekas wilayah jajahan Belanda yang memiliki luas sekitar 31 hektare. Di wilayah ini terdapat sekitar 50  bangunan tua. Detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya eropa. Bagi kamu yang menyukai wisata bangunan-bangunan bernuansa Eropa datanglah ke Kota Lama Semarang.
    Sumber: Antara News. Kota lama Semarang
    Sumber: Antara News. Kota lama Semarang
  • Simpang Lima. Simpang lima merupakan ikon kota Semarang. Anda bisa mengunjungi simpang lima di malam hari sembari menikmati kuliner di kota Semarang, selain itu terdapat pusat-pusat perbelanjaan seperti Plaza Simpang Lima, Ramayana dan Matahari Mall.

Nah.., gimana?. Kamu tertarik mengexplore kota Semarang??.., selain wisata yang berbau wisata, bisa juga menikmati kuliner khas semarang. Untuk oleh-oleh bisa mencari pepes khas semarang, bakpia dan makanan lainnya. Selamat memulai petualangan ya.