Mohon tunggu...
Frida Agistina
Frida Agistina Mohon Tunggu... bismillah..

reach the unreachable

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ada yang Lebih Menderita..

22 Desember 2019   23:52 Diperbarui: 23 Desember 2019   00:02 89 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada yang Lebih Menderita..
fontcandy-47-5dff8bacd541df10a76a1ed3.png

Saat itu, hari pembagian raport telah tiba.

"Semester ini aku absen 5, karena sakit" itu ucapan pertamaku yang terkesan mengeluh. Aku kira wajar, karena tahun sebelumnya aku nggak pernah absen sekolah. Dan baru kali ini absen, namun sekaligus 5 hari.

"Coba deh ngga sekolah 3 bulan. Baru ngeluh." kata temanku yang satu ini.

Thanks den, buat mom*gi dan candaan bermanfaatnya hehe..

Aku buat tulisan ini untuk diriku sendiri, yang masih suka ngeluh padahal sudah dihujani limpahan nikmat, juga untuk teman-temanku diluar sana yang barangkali sedang berada di fase ini; mengeluh pada hal yang seharusnya ngga usah dikeluhkan.

Sekarang, coba deh tutup kedua matamu selama 5 menit saja. Setelah itu buka matamu kembali dan baca tulisan ini. Aku kira hanya beberapa orang yang mengikuti intruksi ini, karena sebagian merasa sudah tahu bagaimana rasanya, dan sebagian lagi merasa tidak tahan lama-lama menutup mata. Back to the topic, bagaimana rasanya? Gelap, kan? Pernah nggak terbesit dalam pikiranmu jika 5 menit saja sudah begitu bosan, gelap, dan berat rasanya, lantas bagaimana dengan teman-teman kita yang ditakdirkan menjadi buta sejak lahir? Menghabiskan seumur hidupnya dengan hanya melihat warna hitam. Menghabiskan seumur hidupnya dengan tanpa pernah tahu wajah dirinya, orang tuanya, dan orang-orang disekitarnya. Menghabiskan seumur hidupnya dengan tanpa pernah melihat berbagai bentuk kue yang cantik, senyum yang tulus, mata yang teduh dan senja yang indah. Aku tak perlu kasihan pada mereka, karena akulah yang seharusnya dikasihani, diberi nikmat penglihatan tapi malah mengeluh, kalah dengan mereka yang ketika berjalan harus menggunakan bantuan tangan tuk meraba sekitar. 

Ambil nafas, tahan, dan lepaskan...

Kini apa lagi yang kau keluhkan?

Coba bayangkan..

Wajah seorang ibu yang bekerja keras sepanjang hari dijalanan hanya untuk membiayai anaknya sekolah.

Wajah seorang anak yang ingin sekolah, namun harus bekerja karena orang tuanya tak memiliki uang untuk membayar sekolahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x