Mohon tunggu...
Friany Vidya
Friany Vidya Mohon Tunggu... Freelancer - Halo!

a home-maker

Selanjutnya

Tutup

Travel

Merawat Sejarah dengan Festival Malang Tempoe Doeloe

27 Juli 2021   08:05 Diperbarui: 27 Juli 2021   14:17 56 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Sejarah dengan Festival Malang Tempoe Doeloe
Sumber: tugumalang.id

Pernah nggak, kalian penasaran benda-benda atau hal-hal apa saja yang pernah populer di zaman dahulu? Seperti apa yang orang zaman dulu lakukan untuk menghibur diri sebelum adanya teknologi canggih masa kini. 

Atau makanan-makanan khas yang mereka makan. 

Di Festival Malang Tempoe Doeloe, kita punya kesempatan untuk menyicipi kuliner jadul, menonton pertunjukan wayang dan musik tradisional, maupun pernak-pernik khas jaman dulu! Festival ini diadakan oleh Pemerintah Kota Malang yang bekerja sama dengan Yayasan Inggil. Tujuan diadakannya festival ini adalah untuk merawat dan melestarikan budaya asli Malang sekaligus menarik minat para pemuda dan pemudi untuk merawat sejarah.

Festival Malang Tempoe Doeloe ini biasanya diadakan setiap bulan Mei tiap tahunnya. Ia merupakan bagian dari serangkaian acara peringatan HUT Kota Malang. 

Di festival ini kamu bisa menemukan banyak kegiatan dan pameran yang seru buat dikunjungi. Festival Malang Tempoe Doeloe biasa diadakan di sepanjang Ijen Boulevard dan tentu saja kunjungan ke museum Brawijaya juga menjadi salah satu atraksi menarik dari festival ini. 

Di festival kamu bisa mendapatkan pengalaman layaknya kembali ke zaman dahulu melalui visualisasi foto tempo doeloe, ejaan tempo doeloe, alat angkut tempo doeloe, gambar replika tempo doeloe, replika bangunan tempo doeloe, busana tempo doeloe, teknologi tempo doeloe, kuliner tempo doeloe, dan kesenian tempo doeloe.

Sumber: https://mitratani27.co.id/informasi/malang-tempo-doeloe-bersama-mitratani
Sumber: https://mitratani27.co.id/informasi/malang-tempo-doeloe-bersama-mitratani
Tidak hanya itu, setiap malam akan ada pementasan wayang serta musik-musik tradisional khas Malangan. Tidak ketinggalan makanan tradisional khas tempo dulu yang dijual di festival ini, seperti cenil, ketan, gatot jagung, gulali, arbanat, roti moho, kacang godok, arumanis, dan krupuk miler. 

Namun, yang membuat lebih terasa tempoe doeloenya adalah dekorasi stan toko yang terbuat dari bambu dan jerami serta dresscode wajib pengunjung adalah pakaian-pakaian jadul. Tidak sedikit pengunjung yang datang dengan berkebaya dan jarit. Terdengar meriah dan asyik, kan?

Jika kalian sedang berkunjung ke Malang ketika festival ini diadakan, jangan lupa pamer ke teman-teman di sosial media kalau kamu sedang kembali ke masa lampau. Dengan smartfren GOKIL MAX tidak usah khawatir kantong bolong untuk tetap terhubung dengan internet. Ada 12GB kuota nasional dan 24GB kuota lokal serta EXTRA kuota 70GB yang bisa dipakai nasional dari jam 1 sampai 5 pagi. Kuota lokalnya pas banget untuk berjelajah di internet mencari rekomendasi info sejarah sampai kuliner jadul selagi asyik menelusuri festival Malang Tempoe Doeloe ini. Anti lemot karena jaringannya 4G selama 24 jam dan bisa digunakan di semua aplikasi! Follow smartfren di Instagramnya buat info murah lainnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN