Mohon tunggu...
Freya Rana
Freya Rana Mohon Tunggu... University of Indonesia

University of Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Burung Kutilang serta Tipe Habitatnya di Kebun Raya Bogor

16 Desember 2019   14:31 Diperbarui: 16 Desember 2019   14:41 204 1 0 Mohon Tunggu...
Burung Kutilang serta Tipe Habitatnya di Kebun Raya Bogor
Burung Kutilang. [Sumber : wikicau.com]

Kebun Raya Bogor merupakan kawasan konservasi eksitu yang memiliki beragam koleksi tumbuhan dari berbagai negara. Kawasan KRB kurang lebih 87 hektar dan berlokasi di kota Bogor. Keanekaragaman vegetasi di KRB menjadi daya tarik berbagai jenis fauna, salah satunya adalah burung. KRB memiliki banyak pohon sebagai jenis tumbuhan produktif yang menghasilkan bunga, buah, dan biji. Burung akan mendatanginya untuk mencari makan, berinteraksi, atau bersarang.

Burung kutilang merupakan salah satu jenis burung yang sering mendatangi berbagai tipe vegetasi di KRB.Kutilang adalah burung yang termasuk ke dalam famili Pycnonotidae.

Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sootyheaded Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster yang mengacu pada bulu-bulu disekitar pantatnya yang berwarna jingga.

Burung kutilang berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 20 cm. sisi atas tubuh yaitu punggung dan ekor berwarna coklat kelabu, sementara sisi bawah yaitu leher, dada dan perut berwarna putih keabu-abuan. Bagian atas kepala yaitu dahi, topi, dan jambul berwarna hitam. Tungging berwana putih, serta penutup pantat berwarna jingga. Iris mata berwarna merah. Paruh dan kaki berwarna hitam.  

Burung kutilang hidup berkelompok, dijumpai di hutan dan semak belukar, serta memakan hewan kecil seperti serangga. Burung kutilang memiliki ciri khas suara yang merdu.  Burung kutilang berjemur dan mandi pada pagi hari untuk menjaga bulu nya yang diminyaki. Minyak tersebut berasal dari bagian belakang tubuhnya.

Saat burung kutilang ingin buang air besar, ia akan menaikkan jambulnya. Burung kutilang memiliki masa "Mabung" yang dimana bulu yang lama rontok dan berganti bulu yang baru.

Saat itu burung Kutilang akan cenderung lebih banyak diam dan pasif. Persebaran burung kutilang yaitu di Tiongkok selatan dan Asia Tenggara (kecuali Malaysia), Jawa serta Bali. Burung kutilang juga diintroduksi ke Sumatra dan Sulawesi.

Taman Araceae.[Sumber : krbogor.lipi.go.id]
Taman Araceae.[Sumber : krbogor.lipi.go.id]

Berdasarkan hasil penelitian, burung kutilang di kawasan KRB banyak ditemukan di area Araceae. Area Araceae memiliki ketersediaan makanan yang melimpah bagi burung kutilang, seperti buah-buahan dan serangga yang menjadi makanan pokok burung kutilang.

Pohon-pohon di area Araceae antara lain Areca sp, Pinanga sp, Livistona rotundifolia, Walichia disticha, Pinanga javanica. Kondisi lingkungannya yang memadai juga mendukung burung kutilang untuk berkembangbiak, bersarang, dan berlindung dari serangan predator dan aktivitas manusia.

Jumlah burung kutilang yang sedikit di Taman Sultan Sudjana disebabkan oleh banyaknya aktivitas yang bisa mengganggu aktivitas burung kutilang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN