Mohon tunggu...
Yudel Neno
Yudel Neno Mohon Tunggu... Penenun Huruf

Anggota Komunitas Penulis Kompasiana Kupang NTT (Kampung NTT)

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Taman Ziarah Yesus-Maria Oebelo yang Meneguhkan Hati

17 Maret 2019   08:12 Diperbarui: 17 Maret 2019   12:37 175 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Taman Ziarah Yesus-Maria Oebelo yang Meneguhkan Hati
dok.pribadi

Taman Ziarah Oebelo terletak di Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Taman Ziarah ini diresmikan oleh Kardinal dari Vatikan, Mgr. Stanislaw  Rylko pada hari Senin (25/11/2013).

dok.pribadi
dok.pribadi
Taman ziarah ini dibangun di atas lahan seluas 5 hektar pada masa kepemimpinan Mgr. Petrus Turang sebagai Uskup Keuskupan Agung Kupang. Menurut Mgr Petrus Turang, lahan seluas 5 hektar ini merupakan hibah dari seorang umat, Yoseph Soleman kepada Keuskupan Agung Kupang.

Melihat potensi lokasi itu, maka Keuskupan berinisiatif membangun tempat ziarah dengan bantuan dari para dermawan. Sejak 1 Oktober 2009, tempat itu didirikan dengan 20 titik tempat berdoa dan satu kapel yang dinamai St. Yohanes Paulus II.

dok.pribadi
dok.pribadi
Para umat beriman yang berziarah di tempat ini akan merasakan situasi rohani yang luar biasa bersama dengan Bunda Maria dan Yesus. Dari ketinggian, tepatnya di Kapela St. John Paul II, seluas mata dapat memandang, pemandangan yang indah ke penjuru lautan meneguhkan hati. Sungguh yang indah, hanya dapat datang dari suasana bathin yang nyaman dalam rangkulan Sang Bunda.

dok.pribadi
dok.pribadi
Saya teringat akan apa yang pernah ditandaskan oleh Paus Benediktus XVI semasa ia masih aktif sebagai Pemimpin Tertinggi Katolik Roma untuk seluruh dunia.

dok.pribadi
dok.pribadi
Teolog kritis itu pernah mengatakan bahwa berziarah bukan soal mempertontonkan baju baru, bukan soal berjalan sejauh mungkin, bukan soal datang sebanyak-banyaknya, bukan soal terusik dalam ramai-ramai.

Berziarah berarti mengalami Allah dari dekat. Mengalami Allah dari dalam ketenangan bathin yang diciptakan melalui doa yang sungguh dan persembahan diri yang tulus.

dok.pribadi
dok.pribadi
Benarlah apa yang ditandaskan oleh Bapa Paus Benediktus XVI, yang kini telah menjadi Paus Emiritus.

Saya sendiri banyak kali datang ke tempat ini entah untuk doa pribadi, bimbing rekoleksi, maupun mendampingi kelompok-kelompok kategorial dalam bimbingan rohani.

dok.pribadi
dok.pribadi
Saya sungguh merasakan, betapa tenangnya tempat ini. Inilah saat-saat di mana, bathin merasakan secara berkelimpahan suasana rohani yang sungguh-sungguh akrab.

dok.pribadi
dok.pribadi
Saya menganjurkan, siapapun dia yang ingin merasakan ketenangan bathin, apapun persoalan yang dirasakan dan dialami, datanglah ke Taman Ziarah Oebelo. Di tempat ini, Bunda Maria dan Yesus berdiri tegak menanti anda untuk memberikan penghiburan dan kekuatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN