Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Jurnalis - Blog Pribadi: www.tafenpah.com

Blog Pribadi: WWW.TAFENPAH.COM | Instagram: Suni_Frederikus | Email : Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Presiden Joko Widodo: NTT Punya Potensi Pengembangan Komoditas Jagung, dan Jangan Paksakan untuk Keluar dari Kekuatannya!

27 Juni 2022   09:33 Diperbarui: 27 Juni 2022   15:58 428 19 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Joko Widodo: Jangan paksakan NTT keluar dari kekuatannya. Sumber gambar Minews

Setiap provinsi punya potensi untuk dikembangkan, entah potensi tersebut di bidang pangan, sosial, budaya, pariwisata, dan lain sebagainya, terlebih potensi komoditas jagung di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Demikian pidato singkat dari Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas II) PDIP beberapa hari yang lalu. Merujuk pada pesan Jokowi, di sini saya fokuskan hanya di pengembangan sumber daya alam, khususnya komoditas jagung di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Natasya Manu Peraih Juara II Putri Duta Bahasa NTT 2022, dan Musik sebagai Ruang Belajar Bahasa Asing


Nusa Tenggara Timur memang secara statistik nasional, merupakan provinsi termiskin ke-3 sesuai dengan Badan Pusat Statistik per Maret - September 2021. (Sumber rujukan Okezone).

Sebagai diaspora atau perantau dari NTT, yang kini berstatus sebagai warga DKI Jakarta, saya pun tidak mempersoalkan hal demikian. Karena saya dan masyarakat NTT pada umumnya, mengakui bahwasannya daerah kami memang kering dan tandus, terlebih di daratan pulau Timor Barat.

Meskipun demikian, Nusa Tenggara Timur memiliki potensi di bidang pariwisata, sosial, budaya, khususnya komoditas jagung. Sesuai dengan informasi yang saya terima dari Humas Pemprov NTT, Minggu (26/6/2022).

Saat ini, program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dari Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub Yosef Nae Soi terbilang sangat sukses di daratan Kabupaten Sumba Barat Daya.

Gubernur NTT ikut memanen tanaman jagung bersama para petani di Sumba Barat Daya. Sumber gambar: Humas Pemprov NTT.
Gubernur NTT ikut memanen tanaman jagung bersama para petani di Sumba Barat Daya. Sumber gambar: Humas Pemprov NTT.

Sebagaimana dalam informasi tersebut, dikatakan bahwasannya dalam lawatan Gubernur dan wagub ke desa Limbu Kambe, kecamatan Kodi Utara, yang merupakan wilayah pengembangan program TJPS, khususnya para petani dari Kelompok tani Karya Sadar kian menuai hasil positif.

Bagaimana tidak, para petani di sana berhasil membuka lahan komoditas jagung hingga 35 ribu hektar. Mengingat Gubernur dan Wagub yang menargetkan 15 hektar di wilayah tersebut.

Gubernur VBL pun mengapresiasi Bupati beserta stakeholder internalnya yang sudah bekerja keras dan memberikan kejutan bagi pemerintah Provinsi NTT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan