Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Mahasiswa - www.tafenpah.com

*Kata-kata hanya melayang/hilang/lenyap/menguap; tetapi tulisan tetap tinggal/dekat/abadi (Verba volant, scripta manent)* ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Powernya Aja, Pointnya Ngak Ada!

16 Juli 2021   21:04 Diperbarui: 16 Juli 2021   21:34 148 22 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Powernya Aja, Pointnya Ngak Ada!
Ilustrasi kegagalan membawakan materi seminar kepada klien. Ngetrik.com

Salah satu kemampuan komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah menerangkan sesuatu kepada orang lain. Apalagi, yang kita terangkan itu berkaitan dengan bisnis, materi yang bertujuan untuk menarik minat investor atau pun dosen pengampu mata kuliah tertentu.

Topik pilihan Kompasiana "Teknik Presentasi" ikut membangkitkan memori saya 3 tahun silam. Di mana, saat itu, saya membawakan seminar Filsafat politik tentang "kebijaksanaan Dari Keputusan Kolektif."

Materi yang saya dapatkan dari dosen pengampuh filsafat politik Aristoteles adalah berbahasa Inggris. Parahnya, dosen pengampuh filsafat politik adalah tamatan dari salah satu Universitas yang berbasis di Frankfurt, Jerman. Negeri panzer adalah rahimnya filsuf berpengaruh di dunia. Terutama zaman kejayaan mazhab Frankfurt, khususnya Martin Heidegger, Anna Harendt, Freidrich Nietzsche, Adorno dkk.

Seminggu sebelum jadwal presentasi, saya mulai merinkas poin-poin penting yang ingin saya tampilkan di aplikasi power point.

Setelah saya meringkas materi dengan bersusah payah, tibalah hari presentasi saya di depan mahasiswa Filsafat Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang.

Awalnya saya merasa demam panggung. Akan tetapi, demi mengejar nilai, saya berusaha untuk mengibas demam panggung.

Saya mulai dari slide pertama yang menurut saya bagus jika dipandang dari audens. Rupanya, hasil presentasi saya dan seminar saat itu berantakan. Gegara satu dan hal lain dari dosen pengampuh yang membuat tensi darah saya meninggi.

Powernya Aja, Pointnya Ngak Ada!

Ilustrasi mahasiswa kecewa ketika selesai seminar. Hipwee.com
Ilustrasi mahasiswa kecewa ketika selesai seminar. Hipwee.com

Sobat, barangkali kamu pernah mengalami patah hati. Gegara hasil kerja kamu tidak dianggap oleh rekan ataupun dosen pengampuh mata kuliah tertentu.

Jika kamu pernah berada di posisi demikian, tentu apa yang kamu rasakan juga sama seperti yang saya rasakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN