Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Kisah sederhana dari desa untuk dunia

*Hidup Singkat, seni abadi (Vita brevis, ars longa)* ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Beta Rasa, Bosong Ju Rasa

1 Juni 2021   10:10 Diperbarui: 1 Juni 2021   10:49 133 23 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beta Rasa, Bosong Ju Rasa
Beta rasa, bosong ju rasa. Dokpri

Nilai-nilai luhur Pancasila akan benar-benar hidup dan menyinari setiap orang, jika ada rasa memiliki.


Memiliki berarti menerima kelebihan dan kekurangan dalam kehidupan bersama. "Beta Rasa, Bosong Ju Rasa adalah dialek kota Kupang yang bernuansa empati.


Beta Rasa, Bosong Ju Rasa bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang baku adalah apa yang saya rasakan sama seperti yang kamu rasakan.


Pancasila adalah kumpulan rasa dari setiap kearifan lokal nusantara. Kumpulan-kumpulan kearifan lokal ini disatukan dalam satu semangat para pendiri bangsa dan puncaknya pada tanggal 1 Juni 1945.


Ketika kita melihat kembali perjalanan berdirinya Pancasila, di sana kita akan menemukan mutiara-mutiara dari kearifan lokal nusantara. Anehnya dari sekian ribu kearifan lokal bisa disatukan dalam semangat Bhineka Tunggal Ika.


Faktor apa saja yang berpengaruh dalam penyatuan rasa nusantara?


Zaman itu kita masih berhadapan dengan pendudukan Jepang di negeri kita. Propaganda melalui jalur komunikasi memicu perang saudara antar sesama suku bangsa di tanah air.


Kita beruntung memiliki pemimpin-pemimpin visioner zaman itu. Sebut saja Ir. Soekarno, Moh. Hatta dkk yang selalu berusaha untuk menghindari perpecahan saudara sebangsa dan setanah air dengan jalan musyawarah.


Tujuan dari musyawarah zaman itu adalah menggalang dukungan dengan jalan merangkul perbedaan apa pun demi mengusir penjajah.


Mengapa founder fathers kita merangkul semua orang?


Karena untuk menghadapai penjajah, kita tak mungkin berjalan dengan kaki sebelah. Melainkan kedua kaki harus sama-sama melangkah. Artinya, jika sebagian rakyat yang tidak mendukung pemimpin kita, mustahil kita akan terlepas dari genggaman tangan besi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x