Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Kisah sederhana dari desa untuk dunia

*Hidup Singkat, seni abadi (Vita brevis, ars longa)* ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Apa Sih, Bintang dari Perusahaan Online Shop?

19 Mei 2021   15:21 Diperbarui: 19 Mei 2021   15:47 143 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Sih, Bintang dari Perusahaan Online Shop?
Di balik bintang yang ada di aplikasi ataupun perusahaan online shop, ada milyaran bahkan triliunan rupiah yang mengalir setiap hari.Pixabay

Setiap aplikasi memiliki 5 bintang. Umumnya, bintang yang ada di aplikasi tertentu dijadikan sebagai batu pijakan bagi salah satu perusahan penyedia barang ataupun jasa. Bintang dijadikan sebagai alarm atau pengingat maju dan berkembangnya dari perusahaan Online Shop.


Bintang dari salah satu aplikasi marketplace atau toko online adalah ibarat kita menulis di Kompasiana yang mulai dari tahap Debutan, Junior, Taruna, Penjelajah, Fanatik, Senior dan Maestro.


Jika anda pernah bekerja di salah satu Perusahaan Online Shop, tentunya kita sudah familiar dengan rating bintang 1-5.


Sesuai dengan pengalaman saya, ketika masih bekerja di salah satu Perusahaan Online Shop yang bekerjasama dengan Marketplace Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan beberapa toko online yang saya tidak bisa sebutkan satu per satu di episode ini.


Setiap akhir bulan kita selalu mengadakan audit barang. Tujuan dari audit barang di Perusahaan Online Shop adalah mengetahui pertumbuhan perusahaan dengan mitranya setiap bulan. Apakah ada kemajuan, ataukah stuck di tempat?

Jika dari salah satu mitra toko online yang tidak mengalami kemajuan dalam penjualan barang, maka perusahaan akan mengambil langkah yang tepat, guna meningkatkan hasil penjualan barang. Begitu pun dari mitra dari perusahaan.


Kerjasama semacam ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari setiap divisi. Kendati demikian, sebagai karyawan di perusahaan online shop kita memiliki tanggung jawab yang besar. Beda dengan penyedia marketplace. Jika mereka bodoh amat ya terserah mereka.


Lantas, apa sih korelasi bintang dari salah satu perusahaan online shop dan apa manfaatnya?


Mari kita belajar bersama sobatku. Jika kita bekerja di salah satu perusahaan online shop yang memiliki skala nasional maupun internasional, bintang selalu dijadikan sebagai tolok ukur dari kedua belah pihak.

Contohnya, Kompasianer Ozzy memiliki perusahaan online shop. Saya melamar di perusahaan Ozzy. Tupoksi (Tugas dan tanggung jawab) saya adalah bagian penjualan, penginput data dan pengelola administrasi perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN