Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Sayap-sayap patah (Broken Wings) Kahlil Gibran

Keresahan terbesar kehidupan adalah kita ingin memaksakan kehendak kepada orang lain! ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Sound of Borobudur (Seni Musik Itu Menyatukan)

28 April 2021   17:37 Diperbarui: 28 April 2021   17:42 185 20 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sound of Borobudur (Seni Musik Itu Menyatukan)
Sound of Borobudur (Seni Musik itu Menyatukan). Liputan6.com

Perpaduan melodi dalam irama musik sangat menentraman jiwa. Siapapun akan berhenti sejenak, sembari menikmati alunan musik di tengah hiruk-pikuk kehidupan.


"Borobudur Pusat Musik Dunia" bukan semata-mata hanyalah slogan untuk membangkitkan memori akan kejayaan nusantara dalam sistem kerajaan zaman dulu. Melainkan ini murni dan nyata ditemukan dalam setiap tarikan pahat yang disematkan oleh para pelukis alat musik di setiap relief Candi Borobudur.

Wonderful Indonesia. Liputan6.com
Wonderful Indonesia. Liputan6.com

Candi Borobudur yang bertemakan alat musik lebih dari 200 relief yang berada di 40 panil, dan menampilkan lebih dari 60 jenis instrumen alat musik, yaitu alat musik petik, tiup, pukul, dan membran.


Kekayaan instrumen alat musik yang terdapat pada setiap relief Candi Borobudur melambangkan kejayaan dan keindahan indonesia "Wonderful Indonesia."


Wonderful Indonesia mengajak kita untuk melihat kembali ke zaman abad ke-8. Di mana sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam, memicu bangsa-bangsa asing untuk berbondong-bondong datang dan menikmati hasil kekayaan kita.


Kedatangan mereka membawa percampuran budaya, alat musik yang bisa kita temukan di setiap relief Candi Borobur. Untuk mengabadikan ratusan jenis alat musik itu, para pelukis atau seniman mengabadikannya dalam tarikan pahat, kuas dalam kemasan jiwa yang menentraman.


Melalui seni musik setiap orang bersenandung dengan perasaannya. Di balik melodi intrumens alat musik petik, tiup, pukul dan membran semua orang menjadi satu kesatuan. Mereka terlena, tatkala mendengar bunyi yang bertalian erat dengan jiwa sang pemain alat musik sendiri.


Hati menjadi damai, tenang dan inspirasi pun bermunculan di dalam benak pikiran setiap orang pada zaman itu.


Sejarah pertukaran budaya, penyatuan ras, suku, terukir indah dengan ratusan alat musik yang terdapat di relief Candi Borobudur.


Melalui seni musik semua orang tidak mengenal kawan dan lawan. Melainkan semua orang menjadi sahabat sejati. Keindahan di balik seni musik, membawa kenikmatan dalam mengolah rasa, pikiran di setiap kondisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x