Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Sayap-sayap patah (Broken Wings) Kahlil Gibran

Keresahan terbesar kehidupan adalah kita ingin memaksakan kehendak kepada orang lain! ~~Singgah ke- www.tafenpah.com~~ Ig: Suni_Frederikus~~ Freddysuny18@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menulis Itu Bagian dari Perjalanan

23 Maret 2021   07:26 Diperbarui: 23 Maret 2021   07:52 244 31 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Itu Bagian dari Perjalanan
Menepi untuk mencari inspirasi menulis. Dokpri

"Menulis bukan tarian improvisasi, melainkan perjalanan yang direncanakan dengan baik." Erlin Natawiria, penulis buku " Athena: Eureka."

Erlin Natawiria adalah mentor saya sejak enam bulan lalu, saat saya menjadi siswa dalam kursus "Panduan Praktis Menulis Fiksi."

Baca juga "Jadilah Penulis Yang Bebas Berekspresi, Tanpa Dihipnotis Oleh Penulis Lain."

Menulis itu adalah bagian dari perjalanan yang direncanakan dengan baik. Setiap penulis punya jalan tersendiri dalam mengimprovisasikan setiap nada aksara dalam menghasilkan cita rasa universal.

Komposisi irama aksara hanya bisa dimengerti oleh setiap penulis. Nikmatilah jalan itu, dan jadikan sebagai benteng untuk membangun citra diri.

Citra diri atau dalam dunia kerja disebut "Personal Branding." Membangun citra diri dalam dunia kepenulisan tidak didapatkan dalam semalam suntuk. Melainkan perjalanan yang melibatkan  kontradiksi emosi, fisik, finansial, pengorbanan waktu dan komitmen yang kuat dalam diri setiap penulis.

Terkadang seorang penulis ingin berhenti di tengah jalan, akibat ketiadaan motivasi. Tetapi, kendaraan yang sudah dipoles dengan aneka majas dan furniture dalam dunia interior rumah, tak akan memberikan nuansa romantika bagi mereka yang memandangnya.

Tatkala menemui pikiran buntu atau istilah keren para penulis TOP adalah "Writer Block." Bila saya berbicara "Writer Block" dengan orangtua saya di kampung halaman, mereka akan melayangkan parang di batang leher, karena mereka tak mengerti bahasa langit. Makanya, saya memilih diksi yang sederhana. Alasannya agar mereka mudah mengerti dan percaya dengan apa yang saya ucapkan.

Setiap penulis pasti mengalami kebuntuan untuk mengeksekusi ide yang sudah terlintas dan meliuk-liuk di benak pikiran. Mustahil, bila penulis tak pernah mengalami hal demikian.

Ketika saya mengalami kebuntuan menulis, saya memilih untuk menepi. Atau istilah Pak Tjip adalah berkontemplasi.
Apa itu kontemplasi? Kontempalsi adalah sarana mengasingkan diri dari tengah keramaian untuk menimba inspirasi. Antara kontemplasi dan meditasi memiliki satu-kesatuan makna. Seirama teori gestalt yang selalu memiliki kesinambungan antara penyebab, akibat dan solusi dari setiap persoalan hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN