Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Creator Tafenpah

Membaca, Berproses, Menulis, dan Berbagi || Portal Pribadi: www.tafenpah.com www.pahtimor.com www.hitztafenpah.com www.sporttafenpah.com ||| Instagram: @suni_fredy || Youtube : Tafenpah Group

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ruang Rindu

30 September 2020   02:04 Diperbarui: 1 Oktober 2020   11:25 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tengah keheningan malam ini, saya ingin berbagi ruang rindu. Tapi, izinkan saya untuk mengutip lirik lagu dari Sang Maestro Bung Ebiet G Ade. "Elegi Esok Pagi."

"Izinkanlah kukecup keningmu

Bukan hanya di dalam angan

Esok pagi kau buka jendela

Kan kau dapati seikat kembang merah

Engkau tahu aku mulai bosan"

Esok pagi anda dan saya akan merayakan peristiwa kelam G30S 1965. Di sini saya hanya ingin berbagi ruang rindu. Antara anda dan saya hanya mengulangi memori.

Tapi, memori inilah yang menjadi "Jasmerah: jangan melupakan sejarah." Bung Karno telah mengingatkan kita untuk selalu mencintai sejarah. Termasuk mencintai paham komunis. 

Mengapa saya katakan demikian? Karena paham komunis telah meninggalkan jasanya untuk negeri kita. Salah satu buktinya adalah peringatan hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahun. Melalui paham komunis, kita menikmati hari libur bersama. Kita menikmati ruang publik.

Engkau tahu saya dan anda telah bosan dengan istilah demokrasi. Demokrasi hanya dimiliki oleh segelintir orang. Demokrasi hanya menjadi jargon pemersatu. Tapi, realita berkata lain di lapangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun