Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Suara Milenial dari Kampung Haumeni

Rasa ingin tahu adalah nadi dari ilmu pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Cinta Eros

17 Agustus 2020   02:01 Diperbarui: 19 Agustus 2020   01:17 87 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cinta Eros
Sumber: Pixabay

Manusia adalah makhluk penikmat. Kenikmatan tertinggi dan terakhir dari manusia adalah kepuasan dirinya. Manusia tak peduli dengan keadaan sekitarnya. Yang terpenting bagi manusia adalah memenuhi hasratnya. Cinta eros adalah bentuk cinta pertama dari manusia. Di mana nafsu/birani mendorong manusia untuk menikmati segala apa yang ada di depan matanya. 

Cinta eros membawa nafsu akan kenikmatan individual. Cinta eros meliputi nafsu untuk bercinta dengan pasangan, makan, minum, traveling, dll. Walaupun kenikamatan itu didapatkan manusia dengan cara apa pun. Contoh kontekstualnya adalah potretan perempuan dalam dunia iklan. Perempuan hanyalah korban dari dunia iklan kecantikan. Martabat perempuan lebih rendah daripada segala jenis kosmetik yang selalu melemahkan mata manusia.

Potretan perempuan zaman now diidentikkan dengan kecantikan. Kecantikan itu adalah model kehidupan yang ideal bagi semua perempuan. Dunia iklan telah melecehkan martabat perempuan. Psikologi perempuan direduksi dalam ruang kehampaan. Keniscayaan untuk mengejar kecantikan setiap perempuan hanyalah menemui masalah. Masalah yang utama adalah finansial. Karena kecantikan itu butuh biaya yang mahal untuk membeli segala jenis kosmetik. 

Masalah yang kedua adalah kehilangan jati diri sebagai makhluk yang berakal budi. Masalah yang ketiga adalah terjadinya perang mulut antar manusia. Psikologi dan mental perempuan sangat menderita. Olek karena itu, jangan heran kalau pacar, teman, keluarga yang kelihatan cantik dalam pandangan lelaki selalu berbeda dengan perempuan. Karena dunia iklan telah mendoktrin alam bawah sadar mereka untuk mengejar kehidupan yang ideal.

Perempuan adalah kelinci percobaan dari dunia iklan kecantikan. Perempuan hanya dijadikan objek/sasaran dari produk kosmetik. Akibatnya perempuan mengalami penderitaan fisik dan mental. Rasa inferior akan terus mengejar mereka yang tidak memiliki kualifikasi body yang seksi, bohay, rambut lurus, putih dan glowing.

Mencintai diri sendiri adalah gerbang menuju penghormatan kepada Sang Pengada. Oleh sebab itu, jangan hanya menjadi penikmat kosmetik dalam dunia iklan. Tapi, jadilah benteng yang kuat untuk menghargai diri dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Karena kecantikan sejati adalah hati dan cara hidup anda. Inilah kecantikan yang berasal dari dalam diri anda (inner beauty).

Cinta eros akan kecantikan layaknya kenikmatan sepasang kekasih dalam memadu kasih di antara negeri pelangi asmara. Adrenalin kebahagiaan hanya terasa sesaat. Karena cinta eros hanya bertahan 5 menit dalam kehidupan manusia. Selebihnya adalah cinta philia dan agape yang tak lekang oleh waktu dan ruang dalam sejarah manusia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x