Mohon tunggu...
Fredric Chia
Fredric Chia Mohon Tunggu... Fredric Chia adalah pembaca psikis berjiwa muda, pembaca tarot, dan penulis astrologi Cina yang tinggal di Kalimantan. Dia melayani layanan membaca tarot online untuk orang yang penasaran secara spiritual. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Fredric telah membantu ratusan wanita dalam mengatasi ketakutan mereka dalam mengikuti impian mereka melalui konsultasi spiritual, berkat, dan layanan curhat.

Halo, saya Fredric! Saya seorang pembaca psikis yang intuitif, pembaca tarot, dan Chinese Fortune Telling yang saat ini menjelajahi dunia untuk menyebarkan kasih dan kebenaran! Saya menemukan apa yang telah saya lewatkan dalam hidup, apa yang bisa saya lakukan lebih baik, dan saya Senang berbagi rahasia saya dengan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Yin dan Yang, Jalan Kehidupan Taoisme

9 Maret 2021   15:12 Diperbarui: 9 Maret 2021   15:33 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yin dan Yang, Jalan Kehidupan Taoisme
Ilustrasi Film The Yin-Yang Master: Dream Of Eternity |  Foto : Netflix

Dalam Prinsip "The Way Of Tao", Tao dilambangkan dengan gambaran atau simbol yang dikenal sebagai Energi Yin dan Yang. Secara Tradisional, Energi Yin mengartikan gelap, feminin, dan pasif, Sementara Energi Yang mengartikan terang, maskulin, dan aktif. Secara bersamaan (kombinasi), Yin dan Yang menyatukan dan mengalir dengan seimbang tanpa akhir satu sama lain. Masing-masing menciptakan dan mendefinisikan kebalikannya. | Susan Levitt

Energi Yin dan Yang saling relatif satu sama lain dan berada dalam keadaan fluks yang konstan. Misalnya karena adanya gelap, maka konsep terang memiliki makna. Demikian pula, tinggi didefinisikan dengan rendah, dan manis didefinisikan dengan asam. Dalam pemikiran Barat, keseimbangan Yin dan Yang dapat diartikan sebagai pertentangan yang berlawanan, namun dalam pemikiran Tao tidak ada dualitas.

Bahkan saat ini Yin dan Yang tetap menjadi tatanan alam semesta karena siklus Yin dan Yang berulang tanpa akhir. Siang hari merupakan jam paling Yang, berlanjut ke tengah malam yang merupakan jam paling Yin. Bahkan di dalam tubuh kita, kita mengalami tarian energi Yin dan Yang yang tiada habisnya.

Ilustrasi Yang melambangkan siang hari sedangkan Yin melambangkan malam hari | Foto : Freepik
Ilustrasi Yang melambangkan siang hari sedangkan Yin melambangkan malam hari | Foto : Freepik

Saat kita menarik napas, paru-paru kita mengembang ke titik paling Yang, dan saat kita menghembuskan napas, paru-paru kita berkontraksi ke titik paling Yin. Pada puncak Yang, Yin naik dan Yang menurun. Pada ketinggian Yin, Yang naik dan Yin menurun.

Salah satu interpretasi dari Yin dan Yang dalam suatu lanskap bahwa Gunung adalah Yang, dan Lembah adalah Yin. Dalam arsitektur bangunan Yin menampung orang mati, dan bangunan Yang menampung orang hidup. Keseimbangan Yin dan Yang juga berlaku untuk ruang interior. Ruangan yang terlalu Yin 'gelap, lembab, dan membawa buruk'. Lingkungan seperti itu bisa menimbulkan perasaan yang tidak bahagia (sedih). Kamar Tidur tidak boleh terlalu terang atau energi Yang yang berlebihan dapat menimbulkan perasaan cemas, Sebaiknya kamar tidur adalah ruang Yin agar bisa tenang untuk tidur, sedangkan ruang tamu adalah ruang Yang untuk percakapan dan aktivitas hidup. Pastikan ruang interior tetap seimbang dan harmoni.

Interaksi Yin dan Yang dijelaskan dalam syair filsuf Tao, Lao Tzu yang menyaring kebijaksanaan Tao ke dalam 81 (delapan puluh satu) bab sajak pendek dalam buku klasiknya, Tao Te Ching. Dia menjelaskan prinsip-prinsip Tao yang harmonis namun dualistik:


Tiga puluh jari-jari bergabung bersama dalam satu roda, Tapi itu adalah lubang tengah yang membuat gerobak bergerak.
Kami membentuk sebongkah tanah liat menjadi bejana, Tetapi kekosongan di dalam bejana itulah yang membuatnya berguna.
Kami memalu pintu dan jendela kayu untuk sebuah rumah, Tetapi itu adalah ruang batin yang kosong yang membuat kamar layak huni.
Kami membangun dengan yang berwujud, Tapi yang tidak berwujud itulah yang kita gunakan.


DAFTAR PUSTAKA

Levitt, Susan. Taoist Feng Shui: The Ancient Roots of the Chinese Art of Placement. Destiny Books, 2000.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x