Mohon tunggu...
Freda Desfita Artanti
Freda Desfita Artanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pengaruh Teknologi Pendidikan di Indonesia pada Saat Pandemi Covid-19

14 Mei 2022   17:44 Diperbarui: 14 Mei 2022   17:50 141 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah sepatutnya saya sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dapat memperkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya Freda Desfita Artanti dari prodi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, kelas 2A dengan NIM 2102440. Saya akan menjelaskan Pengaruh Teknologi Masa Kini Pada Pendidikan di Indonesia. 

Teknologi itu sendiri adalah suatu ide manusia dalam menciptakan benda, baik itu untuk media bertukar informasi, media sosial, ataupun media pembelajaran. Di era saat ini banyak sekali kemajuan yang di peroleh khususnya teknologi. Seperti pada media sosial yang saat ini memiliki fitur filter dalam Instagram, TikTok, dan media sosial lainnya. 

Bukan hanya pada media sosial tapi terdapat juga kemajuan dalam aplikasi berbelanja, seperti Shopee, Tokopedia, dan yang lain. Bukan hanya itu, tapi sekarang juga terdapat ojek online dan orderan makanan yang bisa dilakukan dengan online. Apalagi pada saat pandemi seperti ini aplikasi berbelanja lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat karena terkena dampak dari musibah yang sedang menimpa kita. 

Pandemi ini juga berdampak kepada seluruh dunia. Salah satunya kepada pelajar dan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi hal itu tidak menutup kemungkinan untuk kita sebagai pelajar dan mahasiswa untuk terus melanjutkan studi. 

Maka dari itu saat ini juga banyak sekali teknologi yang sudah memajukan kegiatan belajar-mengajar yang memang diharuskan dilakukan dari rumah. Banyak sekali aplikasi untuk kegiatan belajar yang pelajar lakukan dalam kurang lebih 2 tahun ini. 

Seperti contohnya, Zenius, Ruang Guru, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dampak dari pandemi ini juga mempengaruhi teknologi yang makin pesat khusunya bagi pelajar yang dimana melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring atau online. 

Memang pandemi seperti ini banyak sekali merugikan banyak pihak. Tetapi juga ada sisi positifnya yang di dapat seperti teknologi yang terus menciptakan hal-hal baru yang memang sangat bermanfaat untuk pendidikan masa kini. Tetapi perlu di perhatikan juga walaupun saat ini materi bisa di dapatkan di berbagai sumber. 

Namun, peran guru tetaplah penting bagi kita pelajar yang sedang menimba ilmu. Dengan kondisi saat ini pelajar atau mahasiswa melakukan kegiatan belajar secara mandiri yang dimana teknologi pendidikan pasti menciptakan lingkungan yang sangat luas bagi peserta didik. 

Karena pada dasarnya dengan adanya teknologi ini membantu siswa ataupun guru melakukan kegiatan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) selama masa pandemi, dengan hal tersebut kita sebagai peserta didik dan tenaga pendidik dapat membantu pemerintah untuk melakukan physical distancing sesuai dengan protokol  kesehatan yang sudah ditetapkan.

Namun, terdapat kelebihan serta kekurangan dengan adanya teknologi dan pembelajaran jarak jauh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan