Mohon tunggu...
Frappio
Frappio Mohon Tunggu... Technology Company

Frappio adalah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi sejak 2008. Kami melayani pembuatan website, pengembangan website, melakukan riset SEO dan masih banyak lagi. Kami juga membuka konsultasi di bidang Teknologi. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi 0889-0625-0168 (WA-Farah).

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Strategi Email Marketing yang Cocok di Indonesia

14 Januari 2021   11:00 Diperbarui: 14 Januari 2021   11:04 72 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Email Marketing yang Cocok di Indonesia
Foto oleh erica steeves dari Unsplash

Email marketing adalah strategi pemasaran menggunakan media surat elektronik atau email.

Menurut Forbes, email marketing dinilai sebagai media digital marketing (pemasaran digital) yang efisien dan efektif digunakan di Amerika Serikat dan dunia. Terlebih lagi di masa Pandemi ini, email menjadi sarana digital yang krusial. Orang-orang masih berkomunikasi dengan satu sama lain secara tidak langsung melalui media internet.

Ketika klien anda memutuskan untuk men-subscribe email bisnis anda, dengan mudahnya anda dapat menyebarkan berita mingguan anda ke target pemasaran. Setiap klien memeriksa emailnya, penawaran anda akan berada di list email masuk.

Melalui email marketing, pebisnis dapat menjangkau klien dengan sangat mudah.

Pertanyaannya sekarang adalah, setelah email anda kirim, apakah klien mau membaca email anda? Bukan hanya soal membeli produk yang anda tawarkan. Apabila tertarik saja tidak, lalu bagaimana mereka bisa membaca dan akhirnya menggunakan produk anda? 

Foto oleh Jac Alexandru dari Unsplash
Foto oleh Jac Alexandru dari Unsplash

Fenomena email yang jarang dibaca tersebut banyak terjadi di Indonesia, terlebih lagi apabila anda melakukan B2C (Business to Consumer). 

Email B2B (Business to Business) memiliki kemungkinan dibaca yang lebih besar daripada B2C. Apabila anda melakukan B2B, klien anda adalah pengusaha yang biasanya rutin mem-follow up permintaan kerjasama. 

Kemungkinan besar juga mereka sudah memiliki staf admin yang bertugas memeriksa email masuk. Ditambah lagi email banyak digunakan secara formal, seperti halnya surat. Lebih banyak B2B yang menjangkau kliennya secara formal melalui email

B2C dalam email marketing dikatakan kurang berdampak ketimbang B2C dikarenakan perbedaan budaya yang ada di Indonesia dan negara digdaya. Secara personal, email masih banyak digunakan utamanya untuk kepentingan akademik dan formal lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN